Lagi, Lintasan KA Tanpa Palang Memakan Korban

Kecelakaan terjadi di perlintasan kereta api tanpa palang pintu di Ngawi, Jawa TImur. Akibat kecelakaan itu, dua orang tewas.

Lagi, Lintasan KA Tanpa Palang Memakan Korban
Kereta api Sancaka dievakuasi pada Sabtu (7/4/2018) setelah mengalami kecelakaan. (Kompas.com)

Inibaru.id – Kereta Api Sancaka menabrak truk trailer pada Jumat (6/4/2018) malam. Kecelakaan itu terjadi di perlintasan kereta api tanpa palang pintu Desa Sambirejo, Kecamatan Mantingan, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Satu orang tewas akibat kejadian itu.

KA Sancaka yang memiliki rute Yogyakarta-Surabaya saat itu hendak menuju Surabaya. Lantaran jarak antara truk dan kereta api sudah dekat, tabrakan itu nggak terelakkan. Bagian depan truk menghantam bagian samping kanan kereta yang sedang melaju hingga kereta terguling ke sebelah kiri dan menyeret sebuah mobil Avanza hingga beberapa meter. Kejadian ini diperparah dengan anjloknya gerbong belakang kereta api.

Korban tewas adalah masinis kereta Mustofa yang meninggal di tempat kejadian. Sementara itu, asisten masinis Hendra Wahyudi mengalami luka berat seperti yang ditulis Kompas.com, Sabtu (7/4). Para penumpang yang selamat dan mengalami luka ringan dievakuasi menggunakan bus dan tiga unit truk Polres Ngawi.

Pada hari yang sama, tabrakan kereta api juga terjadi di Kecamaan Sukodadi, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Sebuah mobil Suzuki Carry remuk setelah ditabrak kereta pada Jumat (6/4). Mobil tersebut sempat terseret beberapa meter dan terpelanting, tapi untungnya nggak ada korban jiwa dalam kecelakaan ini, seperti ditulis Tribunnews.com (7/4/2018).

Dua kecelakaan itu terjadi akibat nggak adanya palang pintu di perlintasan kereta api. Nihilnya palang pintu tersebut membuat perlintasan kereta api rawan terjadi kecelakaan.

Sebelum ini, kecelakaan yang terjadi akibat tidak adanya palang pintu terjadi pada akhir Maret lalu. Mobil Daihatsu Xenia yang membawa tiga penumpang juga ringsek setelah ditabrak KA Sri Tanjung jurusan Yogyakata-Banyuwangi pada 28 Maret 2018. Liputan6.com (28/3/2018), menulis kecelakaan ini terjadi di perlintasan kereta tanpa palang Desa Jorongan, Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo. Korban luka langsung dibawa ke RSUD Dr Moh Saleh untuk mendapatkan perawatan.

Kecelakaan akibat nggak adanya palang pintu seolah nggak ada habisnya. Semoga pemerintah segera meningkatkan keamanan dengan melengkapi palang pintu di setiap perlintasan kereta api ya agar kecelakaan serupa nggak terjadi. Nah, kalau sudah ada palang pintu, kamu nggak boleh menerobos lo sobat Millens supaya aman. (IB08/E04)