Ladies, Berikut Tips Memilih Serum Mengecilkan Pori-Pori Terbaik

Ladies, Berikut Tips Memilih Serum Mengecilkan Pori-Pori Terbaik
Masalah pori-pori besar dapat diatasi. Salah satunya dengan serum. (Freepik)

Pori besar bikin muka jauh dari kesan mulus? Tenang, kamu bisa mengatasinya dengan memilih serum untuk mengecilkan pori-pori berikut ini.

Inibaru.id – Memiliki wajah semulus bayi adalah impian sebagian besar kaum hawa. Sayangnya, mimpi ini harus buyar begitu melihat kenyataan bahwa ukuran pori-pori makin besar saja. Wajar jika akhirnya banyak yang mencari serum untuk mengecilkan pori-pori.

Pori-pori wajah yang besar kerap bikin riasan kurang maksimal. O ya, disebut besar jika ukuran pori-pori lebih besar dari rata-rata folikel rambut. Biasanya, pori-pori terlihat lebih besar pada area sekitar pipi dan hidung. Kalau dibiarkan, kotoran dan minyak akan “arisan” di sana.

Sebelum memilih serum untuk mengecilkan pori-pori, sebaiknya pahami dulu mengapa pori-pori bisa membesar.

Penyebab Pori-pori Wajah Membesar

Meskipun folikel rambut serta kelenjar minyak terdistribusi ke sebagian besar tubuh, keduanya lebih aktif di beberapa titik, termasuk wajah. Pada wajah, terdapat kelenjar sebaceous memproduksi minyak. Jumlah hormon dalam aliran darah yang dihasilkan kelenjar juga ikut mempengaruhi seberapa banyak sebum yang diproduksi dan dikeluarkan melalui pori-pori.

Pori-pori besar dipengaruhi faktor usia. (Freepik)
Pori-pori besar dipengaruhi faktor usia. (Freepik)

Keberadaan hormon testosteron menjadi salah satu alasan meningkatnya aktivitas kelenjar minyak. Nah, jika produksi sebum sangat banyak karena kelenjar minyak aktif, sebum akan memaksa keluar dari pori. Pemaksaan ini membuat pori lebih besar dan terbuka.

Berdasarkan beberapa studi, pori-pori terbuka juga bisa disebabkan oleh faktor usia. Semakin berumur, manusia akan kehilangan kolagen dan elastin. Keduanya merupakan kunci dari kulit halus dan kencang. Kadar kolagen yang terus hilang akan membuka pori-pori karena kulit nggak lagi elastis.

Eh, ada juga faktor lain yang membuat pori-pori wajah membesar, yaitu genetis. Kalau ukuran folikel rambutmu memang lebih gede dari orang kebanyakan, besar kemungkinan pori-pori wajahmu juga akan besar. Jika sudah begini, kamu butuh treatment khusus, Millens.

Akibat dari Pori-pori Wajah Terbuka Lebar

Tadi sudah disinggung bahwa pori-pori besar akan menjadi jalan sebum keluar dan membentuk lapisan minyak di permukaan kulit. Tapi keuntungannya, kotoran dan sisa mekap yang menempel bisa dibersihkan dengan mudah bersama minyak yang keluar.

Kalau kamu biarkan sisa mekap dan minyak tersebut akan memunculkan masalah seperti komedo dan jerawat. Minyak, kotoran, dan sisa mekap yang nggak dibersihkan di dalam pori-pori wajah menjadi rumah bakteri Propionibacterium acnes (Bakteri P. acnes). Bakteri ini akan mendorong munculnya jerawat selama lingkungannya mendukung.

Eits, bukan cuma itu, debu dan minyak yang menumpuk akan membuat wajah kusam. Kamu juga akan mengalami masalah ketika mengaplikasikan mekap karena nggak bisa tahan lama.

Cara Memilih Serum untuk Mengecilkan Pori-pori

Untuk mengatasi pori-pori yang terbuka lebar, kamu membutuhkan treatment yang tepat. Memakai serum bisa menjadi alternatifnya. Yuk, intip cara memilih serum yang tepat untuk mengecilkan pori-pori besar.

Periksa Komposisi Kandungan dari Setiap Produk Serum

Periksa dulu kandungan serum yang bakal kamu beli untuk mengecilkan pori. (Freepik)
Periksa dulu kandungan serum yang bakal kamu beli untuk mengecilkan pori. (Freepik)

Kamu bisa berbahagia karena sudah ada sederet komponen yang telah teruji secara klinis dapat membantu mengecilkan pori-pori. Nggak cuma itu, komponen ini juga membuat kulit lebih kencang. Penasaran, komponen mana saja yang bisa kamu pilih sebagai pore ranger?

Vitamin C

Vitamin C dapat mencegah infeksi bakteri yang dapat mengakibatkan jerawat. Jerawat dapat terbentuk karena infeksi ringan oleh bakteri penyebab jerawat yang “bermukim” di dalam pori-pori. Nah, ketika ketemu dengan kotoran dan minyak alami yang menggumpal, bakteri P acne pun makin aktif. Vitamin C inilah yang mampu membasminya.

Vitamin ini akan meningkatkan kekuatan kulit dan mengurangi intensitas inflamasi akibat jerawat yang muncul. Lebih dari itu, vitamin C dapat mendorong produksi kolagen dan mempercepat regenerasi. Sel kulit yang kadung rusak karena infeksi jerawat dan radikal bebas dapat membaik dan normal kembali secara perlahan. Yap, semuanya butuh waktu!

Salicylic Acid

Kamu bisa memilih serum dengan kandungan salicylic acid untuk mengecilkan pori-pori. Fungsinya, membersihkan pori-pori dan mengendalikan minyak. Nggak heran jika kandungan ini juga direkomendasikan para ahli kulit untuk mengatasi jerawat.

Niacinamide

Kandungan ketiga adalah Niacinamide atau vitamin B3. Zat ini terbukti dapat mengatasi pori besar, meratakan warna kulit, atau menyamarkan garis-garis halus. Niacinamide juga dapat membantu mengurangi dampak buruk radikal bebas yang menimbulkan age spot.

Kalau kamu mencari serum untuk mengecilkan pori-pori akibat paparan sinar matahari atau sumbatan partikel eksternal dan sebum, zat ini sangat disarankan. Serum dengan niacinamide akan membuat kulit lebih elastis, sehingga pori-pori juga ikut mengecil.

Zinc

Mineral zinc dapat mengatasi jerawat. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)
Mineral zinc dapat mengatasi jerawat. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Zinc juga menjadi kandungan yang efektif untuk mengatasi pori-pori besar. Mineral ini juga sering dipakai untuk perawatan jerawat. Menurut riset dan praktik yang dilakukan pakar dermatologi, zinc mempunyai properti antioksidan yang baik untuk meredakan peradangan yang diakibatkan tumpukan sel mati, kotoran, minyak, dan bakteri.

Apabila dipadukan bersama AHA dan BHA, mineral zinc cukup efektif melepaskan sisa-sisa sel mati pada kulit dan mengurangi produksi kelenjar minyak yang berlebihan. Manfaat lainnya, zinc ikut berperan dalam proses alami mematikan sel kulit kemudian meregenerasinya. Hasilnya, kulit akan lebih sehat. Tanpa zinc, nggak ada yang namanya proses pergantian sel kulit sehingga sel mati menumpuk di jaringan kulit.

Pilih Serum yang Bersifat “Non-Comedogenic” atau “Non-Acnegenic”

Selain mengganggu penampilan, pori-pori terbuka akan mengundang komedo dan jerawat karena kotoran dan sebum terakumulasi dan bikin bakteri gampang masuk. Untuk itu, kamu butuh produk yang nggak menyumbat pori sehingga jerawat dan komedo bisa dicegah (non-comedogenic dan non-acnegenic).

Kamu wajib memeriksa serum dan memastikan berlabel “Non-Comedogenic Tested” atau “Non-Acnegenic Tested”. Dengan label tersebut, penyumbatan pori bisa dicegah.

Pilih Produk yang Berformulakan Bebas Minyak (Oil-Free)

Penyebab utama pori-pori terbuka lebar adalah produksi minyak yang berlebih sehingga mengakibatkan “pemaksaan” keluarnya ekses (kelebihan) minyak tersebut. Karena jalan keluarnya adalah pori-pori wajah, kamu harus memilih serum oil-free (bebas minyak).

Hm, nggak sulit kan memilih serum untuk mengecilkan pori-pori wajah, Millens? (Pic,Kom/IB21)