Bawa Dampak Mengerikan, Kurangi Penggunaan Ponsel dari Sekarang yuk!

Bawa Dampak Mengerikan, Kurangi Penggunaan Ponsel dari Sekarang yuk!
Berlebihan menggunakan ponsel pintar membawa dampak buruk. (Huffington)

Berbagai informasi dapat kita temukan dengan mudah melalui ponsel. Namun, penggunaan ponsel yang berlebihan ternyata memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan, lo.

Inibaru.id – Kemudahan dalam mendapatkan informasi serta menjadi hiburan di kala penat membuat orang secara nggak sadar menggantungkan hidup pada ponsel. Namun, penggunaan ponsel berlebihan ternyata dapat menimbulkan risiko gangguan kesehatan.

Dilansir dari laman berbagai sumber, berikut dampak kecanduan ponsel yang perlu kamu perhatikan.

Terlalu banyak paparan cahaya di malam hari sebelum tidur akan mempengaruhi kualitas tidur. Sedangkan, kualitas tidur yang buruk dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, seperti penyakit diabetes, obesitas, bahkan sampai penyakit jantung. Serem ya?

Merusak Penglihatan

Sinar biru yang dihasilkan oleh layar ponsel dapat menyebabkan mata kelelahan, kemudian menimbulkan rasa sakit pada mata. Jika terjadi dalam jangka panjang, gelombang ini bisa merusak kornea dan membahayakan fungsi penglihatan.

Kanker

Penelitian menunjukan adanya kemungkinan radiasi ponsel bersifat karsinogenik atau dapat menyebabkan kanker. Namun, hingga saat ini belum ada bukti klinis yang cukup kuat untuk mendukung pendapat tersebut.

Sakit Kepala

Sering kali orang menyepelekan sakit kepala dan menganggapnya karena kurang tidur. Padahal, sakit kepala merupakan efek lanjutan dari terlalu lama melihat layar smartphone. Dampak buruk layar biru smartphone membuat jam biologis terganggu sehingga menyebabkan sakit kepala.

Memertumpul Ingatan

Salah satu aplikasi di ponsel menyediakan banyak fitur, salah satunya yakni mengabadikan moment berharga dalam sebuah bingkai foto. Tanpa kamu sadari, hal tersebut dapat membuat kamu ketergantungan dengan album yang kamu buat. Tanpa album foto tersebut kamu kesulitan untuk mengingat bagaimana keseruan melakukan hal-hal tertentu bersama teman-temanmu.

Menyebabkan Kecanduan

Sudah bukan rahasia jika ponselmu bisa menyebabkan kamu kecanduan. Dari bangun tidur hingga mau tidur pun tetap saja smartphone yang ada di tanganmu. Padahal, terlalu sering menggunakan ponsel juga nggak baik.

Nah, setelah tahu dampak penggunaan ponsel yang berlebihan, mulai sekarang kurangi penggunaan ponsel berlebihan ya, Millens. (IB24/E05)