Kuota CPNS 2018 Lebih Banyak dari Tahun Lalu

Kuota CPNS 2018 Lebih Banyak dari Tahun Lalu
Kuota CPNS 2018 lebih banyak dari tahun sebelumnya. (Topcareer.id)

Tahun ini, kuota CPNS akan dibuka lebih banyak dari tahun sebelumnya. Kendati demikian, belum ada kepastian jumlah formasi secara lengkap.

Inibaru.id – Kuota CPNS 2018 dipastikan akan lebih besar daripada kuota CPNS tahun lalu. Hal ini disampaikan Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik (HKIP) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) Mudzakir. Namun, Mudazkir masih belum bisa membeberkan jumlah formasi yang dibuka.

"Kami sudah mendekati proses validasi tapi untuk sekarang kami belum bisa sebutkan formasinya. Nanti kalau sudah final dan semua sudah siap akan disampaikan ke masyarakat," jelas Mudzakir seperti yang ditulis Okezone.com, Rabu (18/7/2018) .

Mudzakir menjelaskan, besarnya kuota tersebut banyak disumbang dari sektor guru. Menurut Mudzakir, kebutuhan guru sudah melampaui batas formasi 2017 lalu. Tahun ini rencananya bakal ada 100.000 lowongan untuk kebutuhan guru. Sementara tahun kemarin, kebutuhan guru hanya sekitar 30.000 formasi.

Lebih lanjut, Mudzakir mengatakan pendaftaran CPNS rencananya akan dibuka pada awal Agustus mendatang. Untuk pengumuman syarat dan formasi, ditargetkan selesai pada akhir Juli 2018.

"Harapan kami sesuai dengan yang disampaikan Pak Menteri, lebih cepat lebih baik, kalau tidak akhir Juli ya awal Agustus," ungkap Mudzakir.

Semantara itu, Mudzakir juga mengatakan, untuk mekanisme pendaftaran dan seleksi nantinya akan diatur Badan Kepegawaian Negara (BKN).

“Formasinya akan dibuka untuk proses pendaftaran. Setelah proses pendaftaran, lebih lanjut secara teknis akan dikelola BKN,” terangnya.

Hayo, yang mau daftar CPNS, segera disiapkan berkas-berkasnya ya. (IB11/E04)