Kunci Setang Motor ke Kanan Bisa Sulitkan Maling?

Kunci Setang Motor ke Kanan Bisa Sulitkan Maling?
Kunci setang motor ke kanan bisa mencegah maling? (Pikiran-Rakyat/Pixabay/Free-Photos)

Ada saran kalau kebiasaan mengunci setang sepeda motor ke kanan bisa cegah maling. Apakah hal ini memang benar?

Inibaru.id – Kini, fitur pengaman sepeda motor memang semakin bagus. Tapi, hal ini tetap saja nggak membuat sepeda motor terhindar dari aksi pencurian. Nah, demi mencegahnya, ada orang yang menggunakan trik kunci setang motor ke kanan. Beneran ampuh mencegah maling?

Pencuri sepeda motor di Indonesia memang bisa dibilang nekat. Mereka bisa melakukan aksinya di keramaian atau di tempat-tempat yang dianggap aman. Cukup dengan kunci T yang bisa membongkar langsung sistem kunci bawaan pabrik, mereka bisa mencuri sepeda motor dengan cepat sebelum disadari pemiliknya.

Demi mencegah hal ini, banyak orang yang kini memilih untuk mengunci setang motor ke kanan. Memang, sepeda motor zaman dahulu sulit untuk dikunci setang kanan, tapi sepeda motor keluaran baru biasanya bisa. Cara ini kabarnya memang benar-benar bisa mengurangi risiko aksi pencurian sepeda motor, Millens.

“Posisi maling saat membobol (kunci sepeda motor) diperlukan tenaga dan ruang yang cukup. Jika setang menghadap ke kanan, posisi tersebut akan sangat mengganggu ruang geraknya,” jelas Kepala Bengkel AHASS Daya Motor Cibinong dan Swangan Asep Suherman, Mei 2022.

Jika setang menghadap kiri, ada cukup ruang bagi pencuri memasukkan kunci T. (Otoasia/Nazar Ray)
Jika setang menghadap kiri, ada cukup ruang bagi pencuri memasukkan kunci T. (Otoasia/Nazar Ray)

Beda cerita jika setang tetap dikunci menghadap ke kiri. Ada ruangan yang cukup lega di bagian setang kanan karena letak kunci sepeda motor juga ada di bagian kanan. Hal ini membuat pencuri bisa dengan cepat merusak kunci kontak dan membawa kabur sepeda motor tersebut.

Logikanya, pencuri tentu akan mengincar sepeda motor yang lebih mudah untuk dicuri daripada sepeda motor yang cenderung menyulitkan aksi mereka, bukan? Mereka bakal mencari sepeda motor yang jauh lebih mudah dimaling. Jadi, setidaknya, dengan mengunci setang ke kanan, sedikit mengurangi niat pencuri untuk mengambilnya.

Meski begitu, sebaiknya kamu memberikan pengaman ganda pada sepeda motor seperti dengan memasang alarm atau gembok yang bisa ditempatkan di roda. Jadi, pencuri pun bakal semakin kesulitan melakukan aksinya.

Kalau kamu, sudah tahu soal trik mengunci setang motor ke kanan ini sebelumnya, Millens? (Kom/IB09/E05)