Seru! Musik, Komunitas, dan Produk Kreatif Berpadu di Festivaland Semarang
Festivaland. (Inibaru.id/Ayu S Irawati)

Seru! Musik, Komunitas, dan Produk Kreatif Berpadu di Festivaland Semarang

Dengan tajuk "Music and Youth Festival", Festivaland Semarang menjadi ajang pertemuan anak muda pencinta musik, insan kreatif, dan para anggota komunitas di Kota Semarang. Hm, seperti apa keseruannya?

Inibaru.id – Anak muda masa kini hampir nggak pernah jauh dari bermusik, berkreativitas, dan berkomunitas. Nah, dari situlah Festivaland Semarang digelar. Bertajuk "Music and Youth Festival", pergelaran musik yang berlangsung pada 14-16 September 2018 lalu itu memadukan ketiganya menjadi sajian yang cukup mengasyikkan dan sayang untuk dilewatkan.

Dyandra Promosindo, promotor festival musik ini menyebutkan bahwa Festivaland mengusung tiga unsur berbeda, yakni gelaran musik, expo produk kreatif anak muda, dan kumpul komunitas. Rama, Project Officer Dyandra Promosindo, mengatakan, Festivaland memang ditujukan untuk menjadi wadah ketiganya.

“Kami pengin menumbuhkan local pride, khususnya bagi anak-anak muda,” jelas Rama kepada Inibaru.id, Jumat (14/9/2018).

Produk lokal. (Inibaru.id/Ayu S Irawati)

Melalui acara tersebut, lanjut Rama, anak-anak muda akan lebih mampu memberi penghargaan terhadap merek-merek yang diproduksi seniman lokal.

"Brand impor kan nggak selalu lebih baik dari brand lokal," tegasnya.

Etalase Produk Kreatif dan Komunitas

Berada di Festivaland, pengunjung festival bisa menjumpai beragam produk lokal yang sebagian besar ditujukan untuk anak muda. Produk-produk tersebut di antaranya dompet kulit asli, kacamata kayu, bantal lukis, pernak-pernik, pakaian batik, dan kaos sablon.

Nggak hanya itu, pengunjung juga bisa “menengok” kegiatan seru komunitas-komunitas yang ada di Semarang semisal Semarang Drone Community, Komunitas Doodle Semarang, dan Lapak 024 untuk para pencinta rilisan fisik seperti kaset pita atau piringan hitam.

Salah satu komunitas yang hadir. (Inibaru.id/Ayu S Irawati)

Band Lokal dan Musikus Indie

Lantaran bertajuk "festival musik", sajian utama di Festivaland tetaplah gelaran musik. Selama tiga hari, pengunjung disuguhi penampilan band-band lokal sampai pemusik indie yang hit saat ini, seperti Fiersa Besari, Danilla, Good Morning Everyone, Figura Renata, dan Barasuara.

Kemeriahan penonton di Festivaland. (Inibaru.id/Ayu S Irawati)

Demi menyaksikan kemeriahan festival tersebut, beberapa pengunjung bahkan bersedia datang jauh-jauh dari luar Kota Semarang. Lana adalah salah seorang di antaranya. Penonton asal Jepara, Jawa Tengah, tersebut sengaja datang ke Kota Lunpia untuk sekadar menonton musikus favorit mereka.

“Bintang tamunya menarik banget,” terang dia.

Wah, Festivaland sukses besar! Nyesel deh kalau kamu nggak datang! (Ayu S Irawati/E03)