Kudus Bakal Sambut Meriah Juara Dunia Pencak Silat, Safira Dwi Meilani

Kudus Bakal Sambut Meriah Juara Dunia Pencak Silat, Safira Dwi Meilani
Safira Dwi Meilani, juara dunia pencak silat asal Kudus. (Facebook.com/OneSilat/photos)

Safira Dwi Meilani berhasil mendapatkan gelar juara dunia dalam ajang 19th World Pencak Silat Championship 2022. Kepulangannya ke Kudus bakal disambut meriah.

Inibaru.id – Safira Dwi Meilani jadi juara dalam ajang 19th World Pencak Silat Championship 2022 yang berlangsung di Melaka, Malaysia pada Minggu (31/7/2022). Pemerintah Kabupaten Kudus berencana untuk menyambut kedatangannya dengan meriah saat pulang nanti.

Perempuan kelahiran 18 Mei 2000 ini turun di kelas tanding B Putri 50-55 kilogram. Dia mengalahkan atlet Vietnam Nguyen Thi Mai Lan pada babak final. Sebelumnya, dia juga sempat mengandaskan pesilat top Thailand Arriya Katkansaeng pada babak perempat final dan Nur Syaza Insyirah dari Singapura di babak semi final.

Ketua Umum Pengurus Cabang Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kudus Muhammad Nur Hasyim mengaku sangat bangga dengan prestasi Safira. Safira adalah atlet pencak silat pertama dari Kota Kretek yang jadi juara dunia.

“Kami sangat senang dan bangga karena Safira menjadi juara,” terang Nur Hasyim, Senin (1/8).

Rencana Penyambutan

Safira Dwi Meilani mengalahkan sejumlah atlet pencak silat top untuk menjadi juara dunia. (Media Indonesia)
Safira Dwi Meilani mengalahkan sejumlah atlet pencak silat top untuk menjadi juara dunia. (Media Indonesia)

Belum jelas kapan Safira dipastikan bakal pulang ke Kudus, Nur Hasyim hanya bisa memastikan kalau dia akan pulang pada pekan ini.

“Rencananya tiga atau empat hari dari hari ini (1 Agustus), Safira akan pulang,” ungkap Nur Hasyim.

Soal bagaimana penyambutan Safira nantinya, Nur Hasyim sedang berkoordinasi dengan Pemkab Kudus. Satu hal yang pasti, IPSI Kudus dan para pesilat dari Kota Kretek akan menjemputnya dari Gerbang Kota Kudus.

Setelah itu, dia akan dikirab di Alun-alun Simpang Tujuh untuk bertemu dengan Bupati Kudus.

Bonus dari KONI Kudus

Mahasiswi Universitas Negeri Semarang (Unnes) ini nggak hanya bakal mendapatkan sambutan meriah saat pulang kampung, Millens. Penghargaan dalam bentuk bonus juga bakal didapatkannya dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Kudus sudah menjanjikan bonus kepadanya.

“Kami dari KONI Kudus ada bonus. Terkait nominalnya belum bisa kamu sebut. Harapannya agar prestasi Safira bisa jadi pemicu semangat atlet lainnya,” ungkap Ketua KONI Kudus Imam Triyanto, Senin (1/8).

Sebelum jadi juara dunia, Safira sudah pernah mengharumkan nama Indonesia pada ajang South East Asia (SEA) Pencak Silat Championship yang digelar pada Februari 2022. Saat itu, dia juga menyabet medali emas.

Wah, sekali lagi selamat buat Safira yang telah menjadi jawara silat tingkat dunia. Semoga dukungan dari banyak pihak ini bisa membuatnya makin berprestasi di masa depan, ya. (Mer,Mur,Isk/IB09/E10)