Kucing Suka Mengendus Wajah Kita, Tanda Sayang?

Kucing Suka Mengendus Wajah Kita, Tanda Sayang?
Kalau kucing mengendus wajahmu, artinya dia mau kenalan ya Millens. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Kucing suka melakukan hal-hal yang seringkali nggak kita pahami seperti mengendus-endus wajah kita. Tapi sebenarnya apa sih maksud mereka melakukannya? Simak yuk penjelasannya!

Inibaru.id - Kucing merupakan hewan yang populer untuk dijadikan peliharaan di rumah. Binatang yang suka bertingkah laku lucu nan menggemaskan ini seringkali melakukan hal-hal aneh yang mampu membuat kita tertawa atau geleng kepala, Millens.

Salah satu tingkah laku kucing yang sering kamu lihat adalah kebiasaannya mengendus wajah atau hidung orang. Hal ini membuat kucing seperti ingin mencium wajah kita. Hanya, apakah hal ini menandakan bahwa kucing memang sudah sayang dengan kita?

Kucing Memiliki Indera Penciuman yang Tajam

Nggak cuma anjing loh yang punya penciuman tajam, namun juga kucing. Hewan yang masih satu keluarga dengan harimau dan singa ini punya sekitar 45 - 200 juta saraf penerima di organ penciumannya. Saraf ini yang membantu kucing mendeteksi aroma hingga konsentrasi terkecil di lingkungan mereka.

Kucing juga punya jaringan epithelium yang menutupi sistem indera penciuman mereka. Kalau dibandingkan dengan yang ada di hidung kamu, epithelium kucing lebih luas sehingga bisa membuat kemampuan mengendusnya jauh lebih kuat.

Kalau kucing mengendus wajahmu, artinya dia mau kenalan ya Millens. (iStock)
Kalau kucing mengendus wajahmu, artinya dia mau kenalan ya Millens. (iStock)

Selain itu, kucing juga punya cara unik untuk mencium sesuatu dengan menggunakan respons flehmen. Mereka akan membuka mulut dan menarik napas melalui mulut. Biasanya, cara ini dilakukan saat kucing mendeteksi ada bahaya dari pemangsa, saat mencari pasangan, atau mendeteksi aroma makanan.

Mengapa Kucing Mengendus Wajah Kita?

Sebenarnya, ada beberapa alasan mengapa kucing suka mengendus kita. Pernah lihat nggak saat kucing mengendus bagian wajah kamu, mereka akan mendekat ke arah hidung? Ini karena hidung merupakan bagian paling menonjol di wajah kita sehingga membuat kucing terkesan seperti ingin mengendus hidung kamu.

Tapi, ada juga alasan lain yang membuat kucing mengendus bagian hidung. Ternyata, aroma mulut dan hidung kita bisa berubah-ubah sesuai kondisi tubuh. Maka dari itu, kucing mendeteksi aroma dari bagian yang paling memungkinkan memberinya informasi.

Selain itu, saat kita mau mengelus kucing, mereka juga akan mengendus tangan kamu. Hal ini dilakukan kucing untuk mengenali kamu dan termasuk dalam cara untuk berjaga-jaga pada orang yang dianggap mengancam keselamatannya atau bukan. Hal yang sama juga akan mereka lakukan kalau kamu ingin menggendong, memeluk, atau sengaja mendekatkan wajah kamu ke arahnya.

Kucing menyapa dengan cara mengendus. (iStock)
Kucing menyapa dengan cara mengendus. (iStock)

Nah, kalau kucing sering mendekati kamu, mengendus wajah kamu, bahkan menggosokkan wajah atau hidungnya ke kamu, ini adalah pertanda baik. Artinya, kamu secara resmi sudah diterima keberadaannya oleh si kucing. Bahkan kalau kucing menggosokkan badannya ke kamu, selamat, artinya kamu sudah ditandai menjadi "miliknya".

Ingat, ya Millens, bukan kita yang menjadi majikan kucing. Realitanya, kucinglah yang menjadi 'majikan' kita meski statusnya kucing adalah hewan peliharaan kita.

Apakah kucingmu juga sering mengendus wajah kamu, nih Millens? (Bobo/MG30/E07).