Kubah Lava Baru Muncul di Puncak Gunung Merapi

Kubah Lava Baru Muncul di Puncak Gunung Merapi
Kubah lava baru terbentuk di Gunung Merapi. (BPPTKG)

Kubah lava baru terbentuk di puncak Gunung Merapi, Jawa Tengah. Kubah lava itu mengindikasikan magma sudah mencapa permukaan.

Inibaru.id – Kubah lava baru terbentuk di puncak Gunung Merapi, Jawa Tengah. Berdasarkan pemantauan yang dilakukan tim Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) pada Sabtu (18/8/2018) kubah lava ini memiliki panjang 55 meter, lebar 25 meter, dan tinggi 5 meter. Keberadaan kubah itu mengindikasikan magma dari dalam Gunung Merapi sudah mencapai permukaan.

Kasi Gunung Merapi BPPTKG Yogyakarta Dr. Agus Budi Susilo menyebut pertumbuhan kubah lava belum signifikan, tepatnya sekitar 1.000 meter kubik per hari. Dengan angka tersebut, pertumbuhan kubah lava tergolong pelan.

“Volumenya masih belum mencapai 10.000 meter kubik,” ungkap Agus seperti ditulis Liputan6.com, Senin (20/8).

Kubah lava ini juga menandakan letusan Gunung Merapi di masa depan bersifat efusif, tidak lagi eksplosif seperti sebelumnya.

“Ibaratnya sudah gembos duluan karena magmanya sudah keluar secara efusif,” lanjutnya.

Kepala BPPTKG Yogyakarta Dr. Hanik Humadia menyebut status Gunung Merapi masih belum diubah dari Level II atau Waspada. Menurut Hanik, aktivitas kegempaan salah satu gunung paling aktif di Indonesia ini memang di atas normal, tapi belum terlihat peningkatan yang signifikan sehingga status ini tidak dinaikkan.

Kendati begitu, masyarakat tetap dilarang untuk beraktivitas hingga radius 3 km dari puncak Gunung Merapi. Masyarakat di Kawasan Rawan Bencana III juga diminta untuk tetap waspada.

“Belum ada yang perlu dikhawatirkan, hanya pemberitahuan saja bahwa sudah ada kubah lava yang terbentuk. Kami akan terus pantau dan menyampaikan perkembangan situasi ini,” ungkap Hanik.

Jika kubah lava ini terus tumbuh dan kemudian runtuh, dikhawatirkan bakal memicu terbentuknya awan panas atau wedhus gembel yang sangat berbahaya. Karena alasan inilah BPPTKG akan terus memantau aktivitas kegempaan, perkembangan kubah lava, dan kestabilannya.

Semoga kondisi Gunung Merapi tetap aman ya, Millens. Bagi masyarakat di sekitar Gunung Merapi, selalu waspada, ya. (IB09/E04)