Kuasa Hukum Penyerang Novel Baswedan Kini Jadi Kapolda Banten

Kuasa Hukum Penyerang Novel Baswedan Kini Jadi Kapolda Banten
Irjen Pol Rudy Heriyanto Adi Nugroho, Kapolda Banten terbaru yang dulu menjadi ketua tim kuasa hukum penyerang penyidik KPK Novel Baswedan. (reqnews)

Kepolisian melakukan mutasi pada pejabatnya. Irjen Pol Rudy Heriyanto Adi Nugroho yang dulu jadi ketua tim kuasa hukum penyerang Novel Baswedan kini diangkat jadi Kapolda Banten.

Inibaru.id – Masih ingat dengan kasus penyerangan penyidik KPK Novel Baswedan? Kasus tersebut kembali mencuat setelah Irjen Pol Rudy Heriyanto Adi Nugroho ditetapkan sebagai Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Banten. Apa lacur?

Perlu kamu tahu, Rudy Heriyanto adalah ketua tim kuasa hukum dari dua polisi yang menyiram air keras ke Novel Baswedan. Dalam kasus tersebut, kedua polisi, yakni Rahmat Kadir Mahulette dan Ronny Bugis dijatuhi hukuman Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara. Rahmat dihukum penjara dua tahun, sedangkan Ronny satu tahun enam bulan.

Sebelum dimutasi menjadi Kapolda Banten, Rudy menjabat sebagai kepala Divisi Hukum Polri. Rudy mengisi posisi Irjen Pol Fiandar yang kini menjabat sebagai Kepala Divisi Hukum Polri.

Keputusan tersebut tertuang dalam Surat Telegram Nomor ST/3435/XII/KEP/2020 yang telah disahkan Asisten Sumber Daya Manusia Mabes Polri Irjen Pol Sutrisno Yudi Hermawan pada Kamis (10/12/2020).

“Ini mutasi rutin, kok. Penyegaran organisasi saja,” terang Kadiv Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono pada Jumat (11/12), menanggapi alasan adanya mutasi pada sejumlah jabatan di kepolisian.

Novel Baswedan. ( MI/Rommy Pujianto)
Novel Baswedan. ( MI/Rommy Pujianto)

Petinggi polisi lain yang juga dimutasi adalah Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Awi Setiyono yang kini diangkat sebagai Wagub Akpol Lemdiklat Polri. Awi Setiyono digantikan oleh Karobinops Sops Brigjen Pol Rusdi Hartono.

Sementara, pengganti Rusdi Hartono adalah Kombes Pol Roma Hutajulu yang nggak lagi menjabat sebagai Dirreskrimsus Polda Metro Jaya.

Nggak hanya memberitahukan tentang pergantian beberapa posisi, pihak kepolisian juga mengungkap hal lain dalam surat telegram tersebut. Kapolri meminta seluruh perwira yang dirotasi untuk membantu mencegah sekaligus menekan penyebaran Covid-19.

Mereka juga diminta untuk segera menghubungi pengemban fungsi kesehatan agar memeriksa kondisi tubuhnya sebelum berada di satuan yang baru.

Kasus penyiraman air keras terhadap penyidik KPK Novel Baswedan memang sangat kontroversial, ya Millens. Nah, bagaimana pendapatmu dengan kuasa hukumnya yang kini menduduki jabatan cukup bergengsi di kepolisian ini? (Tir/IB09/E03)