Kota Tersepi di Indonesia, Salah Satunya Ibu Kota Provinsi!

Kota Tersepi di Indonesia, Salah Satunya Ibu Kota Provinsi!
Subulussalam, kota tersepi di Indonesia. (Cepologis)

Nggak selalu kota identik dengan keramaian atau macet, ada lo kota-kota yang justru terasa sepi dan nggak mudah macet. Berikut adalah daftar kota tersepi di Indonesia.

Inibaru.id – Kalau dalam bayangan kita, namanya kota pasti padat dan ramai. Padahal, ada juga lo kota yang cenderung sepi. Kalau di Jawa, coba deh kamu main ke Wonogiri atau Purbalingga, pasti bakal beda rasanya kalau main ke kota besar seperti Semarang, apalagi Jakarta. Nah, omong-omong, kalau perhitungannya itu seluruh negeri, mana ya kota tersepi di Indonesia?

Perhitungan kota tersepi ini berdasarkan seberapa banyak orang yang tinggal di setiap kilometer persegi (km2). Kalau semakin sedikit, seharusnya semakin sepi, ya Millens. Contohnya begini, di Semarang, ada 4.162,8 orang per km persegi. Kalau di Wonogiri, per 2018 lalu ada 525 orang per km persegi. Kerasa kan bedanya?

Lantas, di mana sih kota tersepi di Indonesia. Jawabannya nggak di Jawa, Millens. Maklum, lebih dari separuh populasi Indonesia itu ada di pulau ini. Jadi, otomatis kota tersepi di Indonesia juga bakal ditemukan di pulau lain. Nah, penyandang status itu adalah Kota Subulussalam yang ada di Provinsi Aceh.

Kota ini berada di selatan Aceh dan berbatasan langsung dengan Provinsi Sumatera Utara. Kota ini baru terbentuk pada 2007 lalu sebagai hasil pemekaran dari Kabupaten Aceh Singkil. Nah, kalau soal kepadatan penduduknya, hanya 67 jiwa per km persegi. Padahal, luas kota ini adalah 1.391 km 2 atau sekitar dua kalinya wilayah DKI Jakarta. Kebayang kan sepinya?

Penduduknya sebenarnya nggak sedikit-sedikit amat, Millens, yakni 93.457 orang. Tapi, karena luas wilayahnya lumayan besar, jadi jalanan bakal terasa lebih lengang kalau kamu main ke sana. Sepertinya damai dan tenang, ya?

Palangka Raya, Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah masuk daftar kota tersepi di Indonesia. (djkn.kemenkeu.go.id)
Palangka Raya, Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah masuk daftar kota tersepi di Indonesia. (djkn.kemenkeu.go.id)

Nah, di posisi kedua kota tersepi di Indonesia adalah di Tidore Kepulauan yang ada di Provinsi Maluku Utara. Nama Tidore sangat terkenal karena pasti disebut di pelajaran sejarah yang ada di sekolah-sekolah. Meski dulu dikenal jadi kerajaan besar, nyatanya Kota Tidore Kepulauan hanya memiliki kepadatan penduduk 71 jiwa per km persegi.

Nah, Tidore Kepulauan ini adalah kota terluas ketiga di Indonesia dengan wilayah 1.550,37 km persegi. Penduduknya per 2019 adalah sekitar 111 ribu jiwa. Kalau main ke sana, kamu bakal disuguhi pemandangan spektakuler yang indah, Milens.

Menariknya, kota tersepi ketiga di Indonesia adalah Ibu Kota Kalimantan Tengah, Palangka Raya. Kota ini dikenal sebagai kota terluas di Indonesia dengan total luas 2.853 km persegi. Tapi, penghuninya ternyata cuma 266.020 jiwa. Jadi, kepadatan penduduknya pun hanyalah 93 jiwa per kilometer persegi.

Palangka Raya sempat digadang-gadang jadi Ibu Kota Indonesia untuk menggantikan Jakarta. Hanya, yang dipilih justru adalah sebuah wilayah di Kalimantan Timur, Millens.

Tertarik main ke kota-kota tersepi di Indonesia ini, nggak? Sepertinya bakal nyaman dan bebas macet, lo, Millens. (Goo/IB09/E05)