Kota Semarang Bakal Punya Galeri Industri Kreatif
Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Rahayu meninjau renovasi gedung Galeri Industri Kreatif.(Antara/Zuhdiar Laeis)

Kota Semarang Bakal Punya Galeri Industri Kreatif

Pemerintah Kota Semarang menyiapkan Galeri Industri Kreatif yang berlokasi di Kota Lama, Semarang. Galeri itu disebut bisa menampung berbagai produk unggulan industri kecil dan menengah dari seluruh Jawa Tengah.

Inibaru.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang memastikan Galeri Industri Kreatif segera tersedia. Galeri tersebut berlokasi di Kawasan Kota Lama Semarang, tepatnya di gudang milik PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI). Nanti, galeri itu dimanfaatkan untuk memasarkan produk-produk unggulan kalangan industri kecil dan menengah (IKM).

Antaranews.com, Senin (7/1/2019) menulis, Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu meninjau proses pembangunan galeri tersebut pada Senin (7/1). Diharapkan, setelah direnovasi dan direstorasi, ruangan gudang ini bisa menjadi lebih lapang dan menampung banyak pelaku industri kecil dan menengah di Jawa Tengah.

“Proses pembangunan sebenarnya sudah selesai secara fisik, tapi masih harus diselesaikan bagian mekanikal dan elektrikalnya,” terang perempuan yang akrab disapa Ita ini.

Ita yang juga merupakan Ketua Badan Pengelola Kawasan Kota Lama (BPK2L) Semarang itu juga menyebut konsep dari galeri ini mirip dengan Galeri UKM yang juga berlokasi di Kawasan Kota Lama. Namun, produk yang ditawarkan nantinya akan lebih bervariasi.

“Karena bisa menampung banyak pelaku industri kecil dan menengah, bisa satu kolaborasi barang-barang yang ada di Jawa Tengah,” lanjutnya.

Galeri Industri Kreatif direncanakan bakal menampung produk industri di bidang fesyen, kuliner, mebel, kerajinan tangan, hingga logam. Cakupan produknya lebih luas dibanding dengan Galeri UKM yang belum memfasilitasi industri logam, kuliner, dan mebel.

Selain itu, Galeri UKM dianggap sebagai gambaran produk dari Kota Semarang, sedangkan Galeri Industri Kreatif akan menyediakan produk industri kreatif dari seluruh Jawa Tengah.

“Nanti bisa berkolaborasi. Jadi, orang-orang yang datang ke sini bisa one stop service dan one stop shoping. Orang mau beli apa saja bisa datang ke sini karena semua barang dari seluruh Jateng yang berpotensi bisa masuk,” ungkapnya.

Kepala Dinas Perindustrian Kota Semarang Nurjanah menyebut keberadaan Galeri Industri Kreatif juga sebagai bentuk komitmen pemerintah dalam memfasilitasi pelaku UKM. Fasilitas-fasilitas di gedung ini bisa menjadi alat promosi bagi pelaku IKM unggulan Jateng dan Semarang.

Gimana, sobat Millens di Jawa Tengah mau ikut menawarkan produknya di Galeri Industri Kreatif, nggak nih? (IB09/E04)