Kota Magelang Masuk Nominasi Kota Cerdas Indonesia 2019

Kota Magelang Masuk Nominasi Kota Cerdas Indonesia 2019
Kota Magelang masuk nominasi Kota Cerdas Indonesia 2019. (Situsbudaya)

Setelah meraih peringkat pertama Rating Kota Cerdas Indonesia 2015 dan 2017, Kota Magelang kembali dinominasikan untuk meraih predikat serupa di tahun ini. Apa saja persiapannya?

Inibaru.id – Kota Magelang dinominasikan untuk meraih penghargaan Rating Kota Cerdas Indonesia (RKCI) 2019 di kategori kota kecil. Sebelum ini, kota yang dikenal memiliki pemandangan yang indah itu juga mendapatkan rangking pertama Kota Cerdas pada 2015 dan 2017.

Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito menyebut pemerintah Kota Magelang memang terus berusaha untuk meningkatkan pengelolaan kotanya.

“Pada 2015 dan 2017 kami menempati rangking pertama Kota Cerdas. Pencapaian ini dievaluasi dan akan selalu kami tingkatkan. Diharapkan, hal ini akan membuat pengelolaan kota menjadi semakin profesional dan masyarakat bisa dilayani dengan lebih baik,” ucap Sigit diwartakan laman Antaranews, Jumat (4/10/2019).

Sigit menyebut pemerintah Kota Magelang telah melakukan banyak hal, khususnya dalam hal konsep mengembangan inovasi daerah. Hal inilah yang membuat kota kecil yang berbatasan dengan Daerah Istimewa Yogyakarta itu memiliki banyak prestasi dan berpotensi meraih tiga gelar Kota Cerdas.

Namun, Sigit menyebut gelar ini bukanlah tujuan utama dari berbagai usaha yang dilakukan Pemkot.

“Yang pasti, Pemkot Magelang ingin masyarakat mendapatkan pelayanan yang baik dan efisien,” tegasnya.

Meski tahun ini kembali masuk nominasi, Sigit mengaku hal ini tidak membuatnya puas. Justru, hal ini dijadikan semangat untuk terus memperbaiki pelayanan Pemkot Magelang.

Sebagai informasi, RKCI adalah program yang diinisiasi Institut Teknologi Bandung (ITB) demi membuat pemerintah kota dan masyarakat lebih mengenal konsep “Smart City”. Proses penentuannya didasari inisiatif kota-kota di Indonesia untuk menerapkan ide-ide cerdas dalam hal pelayanan pada masyarakat.

Penghargaan ini dilakukan dua tahun sekali. Terdapat tiga kategori dalam penghargaan ini, yakni kota besar, kota sedang, dan kota kecil.

Semoga saja kota-kota lain di Jawa Tengah juga bisa menjadi Kota Cerdas sebagaimana Kota Magelang, ya Millens. (IB09/E04)