Kota di Swiss Ini Alami Hujan Cokelat, Kok Bisa?

Kota di Swiss Ini Alami Hujan Cokelat, Kok Bisa?
Hujan cokelat di Swiss. (Twitter/AuskarSurbakti)

Penduduk Kota Olten, Swiss, dikejutkan dengan hujan cokelat. Apa penyebabnya, ya?

Inibaru.id – Pernah terpikir nggak kalau tiba-tiba ada hujan cokelat? Kamu pasti akan sangat senang dan menikmati cokelat tersebut, bukan? Eh, jangan salah. Hujan cokelat ternyata nggak hanya terjadi dalam mimpi. Di sebuah kota di Swiss bernama Olten, baru-baru ini terjadi hujan cokelat. Beneran cokelat yang biasa kita makan! Kok bisa, ya?

Pada Selasa (18/8/2020), penduduk kota terbangun dengan pemandangan yang sangat tidak biasa di sekitar rumah mereka. Mereka menemukan bubuk cokelat tipis di atap mobil, lantai, dan rerumputan. Aroma dari bubuk tersebut jelas menandakan bahwa telah terjadi hujan cokelat di kota tersebut.

Ternyata, hujan cokelat ini bukan kejadian alamiah, Millens. Penyebabnya adalah kerusakan sistem ventilasi di pabrik cokelat setempat Lindt & Spreungli membuat debu kakao menyebar ke sebagian kota dan menyebabkan hujan yang sangat nggak biasa ini.

Bubuk kakao terbang ke seantero kota Olten, Swiss. (Flickr/AuskarSurbakti)
Bubuk kakao terbang ke seantero kota Olten, Swiss. (Flickr/AuskarSurbakti)

Perusahaan permen dan cokelat ternama ini memastikan bahwa kerusakan terjadi di ventilasi pendingin di bagian pemanggangan biji kakao, bahan utama dari cokelat yang mereka produksi. Bubuk kakao ini kemudian keluar pabrik. Ditambah dengan angin kencang di Kota Olten, bubuk kakao ini kemudian terbang ke sebagian kota.

Dekat dengan pabrik tersebut, terlihat mobil-mobil diselimuti oleh bubuk cokelat. Pihak produsen cokelat mengaku siap bertanggung jawab untuk biaya pembersihan mobil masyarakat. Hanya, hingga saat ini, belum ada yang meminta pertanggungjawaban tersebut. Mungkin, bagi mereka hal ini cukup unik dan nggak perlu dijadikan masalah. Lagi pula, kapan lagi kan bisa melihat hujan cokelat? Hehe.

Pabrik cokelat Lindt and Spreungli. (Twitter/ Cerebros G)<br>
Pabrik cokelat Lindt and Spreungli. (Twitter/ Cerebros G)

Selain itu, Lindt & Spreungli juga sudah memastikan bahwa bubuk cokelat tersebut aman bagi manusia dan lingkungan. Masyarakat setempat pun nggak perlu mempermasalahkannya.

Sebenarnya, kejadian fenomena alam yang terkait dengan cokelat ini bukan yang kali pertama terjadi. Pada 2018 lalu, pabrik cokelat DreiMeister mengalami kerusakan tangki pembuatan cokelat. Jalanan Kota Weistoennen, Wirl pun dipenuhi dengan cairan cokelat manis yang membuatnya menjadi lebih lengket.

Kalau ada hujan cokelat di Indonesia, kira-kira apa yang akan kalian lakukan atau buat Millens? (Oke/IB09/E05)