Pengin Buat Kopi Instan Ala Kafe? Begini Caranya

Pengin Buat Kopi Instan Ala Kafe? Begini Caranya
Menikmati kopi instan ala kopi kafe. (Tempo.com)

Praktis dan sedap, begini caranya menikmati kopi instan ala kafe saat bersantai. Yuk, simak ulasan berikut.

Inibaru.id - Kopi merupakan minuman yang akrab dengan masyarakat Indonesia. Di desa maupun kota, kopi sudah menjadi teman masyarakat setiap hari. Bagi mereka yang ada di kota, kedai-kedai kopi mungkin mudah untuk ditemui, tapi tidak bagi masyarakat desa. Mereka yang tinggal di desa akhirnya meminum kopi instan yang bisa dibeli di warung-warung terdekat.

Minum kopi berupa sachet atau kopi instan memang sangat mudah. Cara pembuatannya pun praktis, hanya tinggal seduh dengan air panas dan jadilah kopi panas nikmat. Namun, terkadang rasa kopi instan seduhan pribadi nggak seenak kopi instan buatan kafe.

Nah, berikut ada cara menyeduh kopi instan agar rsanya seenak kopi ala kafe.

  1. Perhatikan Rasio dan Air

Cara mengetahui rasio kopi dan air. (Majalah.ottencoffee.co.id)

Untuk menemukan formula tepat dalam menyajikan secangkir kopi yang nikmat perlu perhitungan yang matang, Millens. Bila kamu pengin membuat kopi instan ala kafe, rasio dan air sangat penting diperhatikan. Mengutip Vemale.com, (4/11/2017) satu sachet kopi biasanya pas diseduh dengan 140-150 cc air. Ada juga yang menyebutkan, untuk menyeduh 1 gram kopi, dibutuhkan 15 cc air. Kamu tinggal menyesuaikan takaran air dengan kopi instan milikmu.

  1. Racikan Kopi Harus Pas

Racikan kopi harus pas agar rasa yang diinginkan sesuai. (Majalah.ottencoffee.co.id)

Setelah memperhatikan rasio kopi dan air, racikan kopimu juga harus benar. Pertama, siapkan 1 sachet kopi instan, 1 sdm air dingin, dan 140 cc air panas. Cara menyeduhnya mudah kok. Larutkan dulu kopi instan dengan 1 sdm air dingin sampai tidak menggumpal. Kalau sudah larut, tambahkan air panas sesuai selera. Aduk sampai benar-benar larut, lalu nikmati selagi hangat.

  1. Menyeduh Kopi dengan Benar

Menyeduh kopi dengan benar agar kopi terasa nikmat. (Cyberkupi.blogspot.co.id)

Untuk mendapatkan rasa kopi yang enak, kamu juga perlu memperhatikan cara penyeduhannya. Suhu dan kualitas air yang digunakan pun perlu diperhatikan. Secara umum, air yang pas digunakan untuk menyeduh kopi adalah air dengan suhu 89-96 derajat celcius.

Inilah yang sering dilupakan masyarakat. Sebagian orang memilih menggunakan air mendidih untuk menyeduh kopi, tapi suhu air yang terlalu panas bisa merusak kualitas rasa kopi. Jadi, menyeduh kopi pun nggak boleh asal ya.

Nah, itu tadi tips sederhana untuk menikmati kopi instan ala kafe. Lumayan bisa ngirit ongkos ngopi di kafe. Sila mencoba, Millens. (IB11/E04)