BerandaHits
Selasa, 29 Nov 2022 09:17

Kontroversi GBK; Antara Timnas, Relawan Jokowi, dan Konser Blackpink

Kontroversi GBK; Antara Timnas, Relawan Jokowi, dan Konser Blackpink

Stadion GBK saat dipakai untuk acara non-olahraga. (Media Indonesia/Antara/Aprilio Akbar)

Stadion Gelora Bung Karno (GBK) disebut nggak boleh dipakai untuk tempat konser Blackpink. Tapi stadion itu menjadi tempat acara relawan Jokowi dan pertandingan Piala AFF 2022. Mengapa begitu?

Inibaru.id – Kontroversi Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) memuncak pada Sabtu (26/11/2022) lalu. Setelah berminggu-minggu disebut nggak boleh dipakai sebagai tempat konser Blackpink dan tempat Tim Nasional sepak bola Indonesia bertanding, GBK tiba-tiba akan menjadi tempat acara ‘Nusantara Bersatu’ yang digelar relawan Presiden Joko Widodo.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali angkat bicara. Dia mengiyakan jika stadion ini awalnya memang nggak boleh dipakai oleh siapa pun, termasuk Timnas atau gelaran konser sampai ajang Piala Dunia U-20. Hal itu dikarenakan stadion harus direnovasi. Tapi, rupanya renovasi tersebut belum dimulai.

“Belum mulai. Jadi ukurannya itu saja. FIFA sampaikan pokoknya kalau sudah masuk renovasi, sudah nggak boleh lagi. Targetnya (dimulai) awal Desember (2022),” ucap Amali sebagaimana dilansir dari Detik, Senin (28/11).

Karena renovasi belum dimulai, Timnas pun bisa memakai stadion tersebut di Piala AFF 2022. Hal itu dipastikan oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI Yunus Nusi. Dia mengaku sudah mendapatkan izin dari Menpora.

“Untuk Piala AFF, kandang tanggal 23 November melawan Kamboja dan 29 November melawan Thailand, rencananya bakal digelar di SUGBK,” ungkapnya sebagaimana dilansir dari CNNIndonesia, Senin (28/11).

PSSI juga mengaku akan berkomunikasi dengan Polri pada hari ini, Selasa (29/11) untuk memastikan apakah nantinya pertandingan Timnas boleh dihadiri penonton atau nggak.

Konser Blackpink Nggak Bisa Digelar di GBK?

Meski bisa untuk kandang Timnas, Konser Blackpink nggak bakal bisa digelar di GBK. (Twitter.com/ @blackpink)
Meski bisa untuk kandang Timnas, Konser Blackpink nggak bakal bisa digelar di GBK. (Twitter.com/ @blackpink)

Jika Stadion GBK dipastikan bisa digunakan untuk Timnas dan acara relawan Jokowi, mengapa nggak bisa untuk konser Blackpink? Zainudin Amali punya penjelasannya.

Jadi, renovasi Stadion GBK diperuntukkan untuk ajang Piala Dunia U-20 yang akan digelar pada Mei 2023, Millens. Jika renovasi dimulai pada awal Desember 2022 dan FIFA menyebut stadion nggak boleh lagi dipakai untuk kepentingan lain sebelum ajang tersebut, otomatis konser Blackpink yang rencananya diadakan pada 11 dan 12 Maret 2023 pun nggak bakal bisa digelar di sana.

“Sudah pasti nggak mungkin bisa digelar (di GBK),” ucapnya sebagaimana dinukil dari Kompas, Senin (28/11).

Selain konser Blackpink, konser Raisa yang juga direncanakan akan digelar pada Februari 2023 juga terancam harus dipindahkan ke tempat lain.

Meski sudah banyak stadion dengan kapasitas besar di Indonesia, nyatanya Stadion GBK memang masih cukup prestisius untuk dijadikan lokasi gelaran-gelaran bergengsi ya, Millens. Lantas, apakah kamu kecewa konser Blackpink nggak bisa berlansung di GBK? (Arie Widodo/E10)

Tags:

Inibaru Indonesia Logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Sosial Media
A Group Member of:
medcom.idmetro tv newsmedia indonesialampost

Copyright © 2023 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved