Konsumsi Suplemen Setiap Hari, Aman Nggak Ya?

Konsumsi Suplemen Setiap Hari, Aman Nggak Ya?
Ilustrasi mengonsumsi suplemen. (iThinkstock)

Nggak sedikit orang yang mengonsumsi suplemen setiap hari untuk menjaga kondisi tubuh. Memang sih bisa menunjang kebugaran, tapi bolehkah dikonsumsi setiap hari?

Inibaru.id - Selain makan makanan bergizi seimbang dan rutin berolahraga, mengonsumsi suplemen setiap hari juga dianggap efektif untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap prima. Terlebih lagi saat aktivitasmu sedang padat, suplemen pasti sangat disarankan untuk diminum.

Melansir laman Liputan6 (13/2/2018) suplemen bertujuan untuk memenuhi zat gizi yang nggak didapatkan dari konsumsi makanan sehari-hari. Salah satu contohnya saat nggak sempat makan buah-buahan, kamu bisa mengganti vitamin harian dengan mengonsumsi suplemen tertentu.

Ilustrasi mengonsumsi suplemen. (Shutterstock)

Suplemen semestinya memang hanya dikonsumsi orang-orang yang nggak bisa memenuhi kebutuhan gizi harian karena alasan tertentu. Namun, seringkali banyak yang mengonsumsinya meski gizinya baik-baik saja.

Pada sebuah penelitian yang dilakukan Physician Health Study II, kecenderungan mengonsumsi suplemen termasuk aman. Berdasarkan penelitian itu, kelompok orang yang mengonsumsi suplemen secara rutin akan mengalami penurunan kejadian kanker dan katarak.

Mengonsumsi suplemen harus diimbangi dengan pola hidup sehat. (Shutterstock/Siam Pukkato)

Mengonsumsi suplemen setiap hari juga terbukti efektif menjaga kestabilan kondisi kesehatan tubuh, Millens. Dari penelitian tersebut, dapat disimpulkan konsumsi suplemen secara rutin nggak berbahaya bagi tubuh.

Eits, meski demikian kamu juga perlu ingat untuk tetap mengonsumsi makanan bergizi seperti sayur dan buah-buahan. Sumber gizi alami dari makanan tentu lebih baik bukan? Oh iya, jangan lupa untuk tetap terapkan gaya hidup sehat dengan pola makan bergizi dan rutin berolahraga ya! (IB10/E04)