Konon, 5 Pohon Ini Sering Jadi Sarang Hantu, Ada Nggak di Dekat Rumahmu?

Konon, 5 Pohon Ini Sering Jadi Sarang Hantu, Ada Nggak di Dekat Rumahmu?
Konon, pohon beringin dikenal sebagai sarang hantu. Benar nggak sih? (Gettyimages)

Sebagian masyarakat Indonesia percaya, hantu dan klenik ada di sekitar kita dan konon mendiami beberapa jenis pohon. Yang menarik, pohon-pohon ini biasa ditanam di pekarangan rumah kita, lo. Apa saja?

Inibaru.id – Sejumlah pohon nggak hanya ditanam di kebun atau lahan produksi. Orang kadang sengaja menanamnya di pekarangan rumah sebagai peneduh. Namun, kendati banyak manfaat, nggak sedikit orang enggan menanam beberapa jenis pohon lantaran dipercaya ada hantunya.

Yap, klenik dan hal gaib memang nggak bisa dipisahkan dalam keseharian orang Indonesia. Kendati nggak semua orang percaya dengan hantu atau diberkahi kemampuan melihat hal gaib, sebagian dari mereka percaya, hantu dan makhluk gaib suka mendiami beberapa pohon. Apa saja?

1. Pohon Bambu

Alih-alih menjadi sarang hantu seperti saudaranya, pohon bambu kuning justru diyakini bisa menjadi penolak bala. (Flickr/Marck, Viki, Ellaura, dan Mason Brown)<br>
Alih-alih menjadi sarang hantu seperti saudaranya, pohon bambu kuning justru diyakini bisa menjadi penolak bala. (Flickr/Marck, Viki, Ellaura, dan Mason Brown)

Pohon bambu dikenal berdaun rimbun dan bisa tumbuh dengan cepat. Suara daun dan batangnya saat tertiup angin juga bisa membuat pikiran menjadi lebih tenang. Namun demikian, banyak orang percaya, bambu adalah salah satu tempat favorit kuntilanak, sosok hantu paling masyhur di Indonesia.

Meski begitu, kamu nggak perlu khawatir berlebihan. Kalau kamu menanam bambu kuning, nggak akan jadi sarang hantu, kok. Justru, pohon ini dianggap sebagai penolak bala atau mahluk gaib.

2. Pohon Nangka

Pohon nangka. (Flickr/dennissylvesterhurd)
Pohon nangka. (Flickr/dennissylvesterhurd)

Kalau punya halaman luas, nggak ada salahnya menanam pohon nangka. Saat berbuah, kamu akan bisa menikmati manisnya buah beraroma harum ini. Kemudian, biji nangka juga bisa dimakan, sementara daun pohon tersebut bisa menjadi pakan ternak, selain bagus untuk peneduh.

Namun, di balik manisnya buah nangka dan rindangnya pohon ini, ada kabar yang menyebut nangka adalah salah satu tempat favorit kuntilanak. Kalau kamu percaya hantu, mungkin sebaiknya kamu tempatkan pohon nangka jauh dari pintu atau jendela, ya! Ha-ha.

3. Pohon Sukun

Pohon Sukun. (Flickr/Scot Nelson)<br>
Pohon Sukun. (Flickr/Scot Nelson)

Sukun termasuk dalam pohon yang sering ditanam di dekat rumah. Hal ini disebabkan oleh buah sukun yang bisa diolah menjadi makanan yang enak.

Namun, ada kabar yang menyebut sukun bisa dijadikan sarang hantu, lo. Nggak tanggung-tanggung, daftar hantu yang bisa menempatinya sangat banyak! Dari kuntilanak, jin, hingga pocong bisa bersarang di pohon ini. Hiii!

4. Pohon Pisang

Pohon pisang. (Flickr/

Jim, the Photographer)
Pohon pisang. (Flickr/ Jim, the Photographer)

Kamu tentu pernah melihat video yang entah benar-benar nyata atau editan yang menunjukkan kuntilanak atau tuyul menampakkan diri di dekat pohon pisang, kan?

Ehm, bentuk pohon yang umumnya saling berdekatan itu memang bikin pohon pisang terlihat menakutkan, seolah selalu ada yang bersembunyi di balik pohon tersebut. So, mending kamu menanamnya di kebun saja deh biar nggak khawatir. Ha-ha.

5. Pohon Beringin

Pohon beringin. (Times/Scott Keeler)
Pohon beringin. (Times/Scott Keeler)

Kalau pohon yang satu ini sih sudah sering dianggap identik dengan hal-hal gaib. Selain bentuk pohonnya yang rindang, akar gantung yang ada pada pohon beringin memang kerap membuatnya tampak menakutkan.

Di banyak tempat, pohon beringin bahkan bisa sampai diberi tempat untuk memberikan sesajen, lo. Duh, aduh!

Percaya atau tidak, itu terserah kamu ya, Millens. Kalau kamu nggak percaya pada hantu, ya nggak perlu takut menanam pohon-pohon ini di dekat rumah Toh, menanam pohon juga baik untuk kelestarian alam. (Son/IB09/E03)