Mundur dari Ketum PSSI, Edy: Saya Bertanggung Jawab!

Secara mengejutkan, Edy Rahmayadi menyatakan dirinya mundur dari Ketua Umum PSSI periode 2019-2020. Keputusan itu disampaikannya di Kongres PSSI di Bali, Minggu (20/1/2019).

Mundur dari Ketum PSSI, Edy: Saya Bertanggung Jawab!
Edy Rahmayadi mundur dari posisi Ketua Umum PSSI. (Kumparan/Alan Kusuma)

Inibaru.id – Edy Rahmayadi menyatakan mundur dari kursi Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). Pengunduran diri ini diumumkannya saat pidato dalam Kongres PSSI yang digelar di Sofitel Bali Nusa Dua Beach Resort Bali, Minggu (20/1/2019).

"Hanya orang-orang pengkhianat sama PSSI yang mau berbicara tanpa dasar PSSI. Saya pemaaf. Demi PSSI berjalan dan maju, saya nyatakan mundur dari Ketum PSSI," kata Edy di hadapan peserta Kongres seperti ditulis Detik.com, Minggu (20/1).

Kabar yang cukup mengejutkan ini juga disiarkan PSSI melalui akun resminya di Twitter.

Edy Rahmayadi mengundurkan diri. (Twitter/@PSSI)

Pengunduran diri ini ditengarai karena tekanan publik yang besar kepada Edy. Sebelum ini, gelombang protes yang menuntut Edy mundur dari jabatannya dilayangkan sejumlah pihak. Menurut Gubernur Sumatera Utara itu, keputusan tersebut diambil karena dia bertanggung jawab terhadap PSSI.

"Ini semua saya lakukan dalam kondisi sehat walafiat. Bertanggung jawab kalian. Saya mundur karena saya bertanggung jawab," tegasnya.

Setelah menyatakan mundur, Edy lantas menyerahkan bendera PSSI kepada Joko Driyono. Bersamaan dengan itu, jabatan Ketua Umum PSSI juga dilimpahkan sementara kepada Joko yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Ketua PSSI.

Wah, cukup mengejutkan ya, Millens. Bagaimana tanggapanmu tentang hal ini? (IB07/E04)