Konduktor dari Indonesia Ini Memukau Penonton di Bulgaria

Untuk tahun ini saja, Prabava sudah dijadwalkan menjadi pemimpin orkestra yang akan tampil di Luxemburg, Slovakia, Jepang, Turki, Denmark, dan Jerman.

Konduktor dari Indonesia Ini Memukau Penonton di Bulgaria
Adrian Prabava (Adrian Prabava)

Inibaru.id – Konduktor perantau dari Indonesia, Adrian Prabava, memukau penonton di Bulgaria Hall di kota Sofia, Bulgaria. Ia memimpin Sofia Philharmonic Orchestra mengalunkan "The Symphony No.9" gubahan Antonin Dvorak yang sangat indah.

Di hadapan 700 orang penonton, ini adalah penampilan kedua Prabava setelah sebelumnya juga tampil memukau bersama dengan violinis tuan rumah Dimitar Ivanov, akhir 2016 silam. Untuk penampilannya yang terbaru ini, ia mendapatkan dukungan penuh dari Kedutaan Besar Indonesia di Sofia.

Baca juga:
Lagu Kalimantan Antar Paduan Suara UAJY Berjaya pada Kompetisi Internasional
UGM Tolak Usulan soal Hafal Kitab Suci dalam Seleksi Mahasiswa Baru

Duta Besar Indonesia untuk Bulgaria, Sri Astari Rasjid, menyebutkan bahwa penampilan dan prestasi Prabava telah mengharumkan nama Indonesia di dunia Internasional sehingga pantas mendapatkan dukungan penuh. Tak hanya mendukung, pihak kedutaan juga memaksimalkan konser Prabava sebagai tempat untuk melakukan diplomasi lunak, khususnya dalam hal promosi pariwisata. Di sela-sela acara konser Prabava, pihak kedutaan juga mempromosikan berbagai tempat wisata dan produk andalan Indonesia kepada para penonton. Tak hanya melihat foto-foto keindahan alam dan tempat wisata Tanah Air, para penonton juga bisa menikmati jajanan khas Nusantara seperti lemper, pastel, dan dadar gulung.

Prabava mengawali kariernya sebagai seorang pemain biola sebelum dikenal sebagai konduktor tingkat internasional. Ia telah tinggal bertahun-tahun di Eropa demi meniti kariernya di bidang musik. Karier internasionalnya berawal tatkala ia memenangi kompetisi konduktor muda di Prancis pada 2005 silam.

Baca juga:
Berkat Transformasi Maksimal, PT KAI Raih Penghargaan Internasional
Dua Jokowi KW Ikut Hadiri Resepsi Kahiyang

Lahir dan besar di Indonesia, Prabava membuat keputusan besar untuk belajar menjadi konduktor pada Eiji Oue di Hochschle für Musik, Thater und Medie, Hannover, Jerman. Ia juga mengikuti kelas Jorma Panula dengan mentor Kurt Masur dan Bernard Haitink.

Perjuangannya untuk merantau demi berkarier di dunia musik internasional berbuah manis. Ia telah memimpin cukup banyak orkestra di berbagai belahan dunia. Untuk tahun ini saja, Prabava telah dijadwalkan untuk menjadi konduktor pemimpin orkestra yang akan tampil di Luxemburg, Slovakia, Jepang, Turki, Denmark, dan Jerman.

Ada satu keinginan yang sangat ingin diwujudkan oleh Prabava, yakni suatu saat tampil di negeri sendiri dengan memimpin London atau Sofia Philharmonic Orchestra. (AW/SA)