Salah Satu Ruang di Masjid Al-Aqsa Yerusalem Terbakar

Terjadi kebakaran di Masjid Al Aqsa di Yerusalem pada Senin (15/4/2019) malam waktu setempat. Belum diketahui apa penyebabnya, tapi api diduga berasal dari kamar penjaga masjid.

Salah Satu Ruang di Masjid Al-Aqsa Yerusalem Terbakar
Ilustrasi kebakaran Masjid Al-Aqsa. (Reuters/Amir Cohen)

Inibaru.id – Sebuah Kebakaran terjadi di kompleks Masjid Al Aqsa Yarusalem pada Senin (15/4/2019) malam waktu setempat. Beruntung, sebelum api menyebar, brigade pemadam kebakaran Wakaf Islam berhasil memadamkan kobaran api dengan cepat.

Seperti dilansir laman Newsweek, Senin (15/4), kebakaran tersebut terjadi di  ruang Marwani, Masjid Al Aqsa. Api ini diduga muncul dari ruang penjaga masjid yang berada di atas atap ruang Marwani.  

Ruang salat Marwani diketahui terletak di bagian bawah sebelah sudut tenggara kompleks Haram al-Sharif yang juga disebut sebagai Temple Mount.

"Api muncul di dalam ruang petugas keamanan di luar atap Ruang Salat Marwani," sebut Palestine News Agency dalam laporannya yang mengutip petugas keamanan setempat.

Namun, dalam keterangan terpisah, Direktur Jenderal Departemen Urusan Masjid Al-Aqsa dan Wakaf Yerusalem, Sheikh Azzam al-Khatib, menyebut api muncul di bagian halaman kompleks Masjid Al-Aqsa yang dipicu anak-anak yang bermain di area tersebut. Sayang, keterangan ini belum dapat dipastikan validitasnya.

Kebakaran ini nggak menyebabkan kerusakan fatal Masjid Al-Aqsa, tapi terbilang cukup berbahaya bagi struktur masjid yang sudah berusia lebih dari 2000 tahun itu. Setelah peristiwa kebakaran terjadi, semua kawasan Masjid Al Aqsa ditutup untuk proses penyelidikan aparat guna mengungkap penyebab kebakaran.

Wah, semoga segera ditemukan penyebabnya supaya kali lain kebakaran dapat dihindari ya! (IB07/E04)