Nggak Pengin Terkena Penipuan Rekening? Manfaatkan Situs Ini

Nggak Pengin Terkena Penipuan Rekening? Manfaatkan Situs Ini
Tindak penipuan rekening via SMS. (Infonitas.com)

Situs satu ini bisa membantumu agar terhindar dari penipuan rekening. Berikut cara kerjanya.

Inibaru.id – Saat ini, nggak hanya teknologi yang semakin canggih, penipu juga makin canggih. Mereka memanfaatkan celah teknologi untuk menipu para korban. Salah satu penipuan yang sering terjadi yakni penipuan pembelian barang secara daring. Si pembeli sudah transfer uang tapi tiba-tiba si penjual menghilang. Duh, apes!

Nah, untuk mencegah hal semacam itu berulang, Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) menyediakan situs cekrekening.id yang bisa dimanfaatkan masyarakat secara luas. Cekrekening.id  membantu masyarakat mendapatkan informasi rekening bank yang diduga terindikasi tindak pidana.

Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo Ferdinandus Setu membenarkan adanya situs ini.

“Benar (resmi). Cekrekening.id didedikasikan khusus untuk pengecekan nomor rekening bank,” kata Ferdinandus seperti yang ditulis Kompas.com, Selasa (11/9/2018).

Situs ini cukup mudah diakses, Millens. Kamu tinggal mengunjungi situs tersebut. Nanti kamu diminta untuk memilih bank dan memasukkan rekening yang kamu curigai. Setelah itu, kamu akan disodorkan informasi tentang rekening tersebut. 

Ada dua tipe informasi yang bisa kamu dapat. Pertama, bila rekening itu bersih, situs akan menampilkan informasi bila rekening tersebut belum pernah dilaporkan. Kedua, bila rekening tersebut pernah dilaporkan, situs akan menampilkan berapa kali rekening ini dilaporkan.

Bila kondisinya kamu terkena penipuan dan terlanjur mentransfer sejumlah uang, kamu bisa memanfaatkan menu laporkan rekening. Kamu tinggal mengeklik dan mengisi data yang diminta.

Eits, meskipun sudah ada fasilitas ini, kamu harus tetap hati-hati bila melakukan transaksi ya! Bila kamu tiba-tiba menerima pesan singkat dari nomor yang nggak dikenal yang isinya meminta ditransfer sejumlah uang, jangan langsung percaya. Cek dulu kebenarannya.

Begitu juga bila kamu hendak melakukan transaksi daring. Cek dulu validitas penjual sebelum bertransaksi, ya. So, waspadalah, waspadalah! (MG14/E04)