Kolesterol Naik Pasca Iduladha? Buah-buahan Ini Ampuh Mengatasinya
Buah-buahan ampuh untuk memberantas koleterol. (Grid.id)

Kolesterol Naik Pasca Iduladha? Buah-buahan Ini Ampuh Mengatasinya

Rekomendasi jenis buah-buahan ini bisa berguna untuk memberantas kolesterol kamu yang menumpuk di saat momen iduladha tiba.

Inibaru.id - Habis daging kambing, kolesterol kemudian. Barang kali itu yang sedang kamu rasakan. Kolesterol meroket setelah menyantap aneka olahan daging kambing. Tapi tenang saja, kamu bisa kok mengonsumsi buah-buahan yang punya kandungan baik untuk menurunkan koleterol. Buah apa sajakah itu? Mari simak.

Apel

Kulit apel mengandung pektin alias serat larut air yang baik untuk menurunkan kolesterol. Pektin bekerja menyerap kolesterol dan lemak jahat di dalam usus halus, kemudian dibawa keluar tubuh lewat urin dan feses.

Nggak hanya itu, apel juga mengandung vitamin dan antioksidan polifenol yang membantu mengurangi peradangan. Serat dalam buah apel juga memberi rasa kenyang lebih lama sehingga bisa mengontrol nafsu makan kamu.


Alpukat

Alpukat mengandung sumber lemak tak jenuh tunggal. Buah alpukat ampuh untuk memperkuat kesehatan jantung. Alpukat juga kaya akan vitamin, mineral, serat, dan senyawa yang menghambat penyerapan kolesterol dalam tubuh.

Pir

Pir adalah buah yang memiliki tinggi serat alami. Satu buah pir ukuran sedang mengandung 16 persen kebutuhan serat haria. Jenis serat yang terdapat dalam pir adalah pektin, serat tersebut dapat mengikat kolesterol dan mengangkutnya keluar dari tubuh sehingga kadar kolesterol jahat atau LDL dalam tubuh bisa menurun. Cocok banget bukan buat mengatasi kelebihan kolesterol kamu?

Buah Berri

Buah berri (strawberry, blueberry, cranberry) kaya dengan serat larut air yang dapat mengikat kolesterol yang terserap di usus halus sehingga kadar kolesterol jahat menurun dan tergantikan dengan kolesterol baik HDL.

Anggur

Buah anggur juga kaya akan serat larut air yang dapat mengikat kolestrol yang terserap di usus halus. Sebuah penelitian menunjukkan, anggur memiliki senyawa antioksidan tinggi, terutama anggur merah. Antioksidan dapat membantu meningkatkan kolestrol HDL dan menurunkan kolestrol jahat LDL serta trigliserida dalam darah.

Pepaya

Pepaya adalah salah satu buah penurun kolesterol HDL yang juga tinggi antioksidan seperti likopen, vitamin C, dan vitamin E. Pasalnya, kolestrol bisa menempel pada pembuluh darah jika terjadi oksidasi, hingga akhirnya berkumpul membentuk plak dan menutupi pembuluh darah. Karena itu vitamin E dan C pada pepaya akan menyatu dengan enzim yang disebut paraxonase yang bisa menghambat terjadinya oksidasi kolesterol di dalam pembuluh darah.

Jambu Biji

Jambu biji memuat banyak vitamin dan antioksidan yang bekerja melindungi jantung dari kerusakan akibat radikal bebas. Kadar kalium dan serat larut air dalam jambu biji juga dapat membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah.

Jeruk

Jeruk cukup ampuh juga untuk memberantas kolesterol yang membandel sebab kaya akan serat larut air. Maka dari itu buah ini dapat mengikat kolesterol yang terserap di usus halus.

Jadi itulah buah-buahan yang dapat membantu kamu mengatasi ko0leterol yang menumpuk paska menyantap hidangan berbahan daging-daging kurban. Nah, untuk mendapatkan manfaat maksimal dari buah-buahan ini, sebaiknya kamu mulai mengonsumsinya secara rutin sebanyak dua hingga tiga porsi sehari ya, Millens. (IB28/E05)