Kok Bisa Pinjol Tahu Nomor Telepon Teman Si Peminjam?

Kok Bisa Pinjol Tahu Nomor Telepon Teman Si Peminjam?
Penagih pinjaman online (pinjol) kok bisa tahu nomor telepon keluarga atau teman peminjam? Ternyata ada alasannya. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Banyak orang yang terkejut saat tiba-tiba diteror debt collector pinjaman online yang intinya meminta teman atau anggota keluarga kamu melunasi pinjamannya. Kok bisa pinjol tahu nomor telepon teman si peminjam, ya?

Inibaru.id – Teror pinjaman online alias pinjol masih berkali-kali terjadi dan membuat masyarakat resah. Kasus terakhir bahkan benar-benar bikin heboh karena sampai membuat seorang pegawai bank di Bojonegoro, Jawa Timur berusia 25 tahun sampai gantung diri. Omong-omong, soal teror pinjol ini, bagaimana bisa ya pinjol tahu nomor telepon teman si peminjam?

Nggak hanya teman, terkadang yang ikut diteror adalah keluarga atau teman kerja si peminjam. Padahal, saat meminjam uang, pinjol ini sama sekali nggak meminta peminjam untuk memberikan nomor-nomornya.

Nah, seorang pengguna Twitter dengan akun @kucingdito ternyata punya jawabannya. Kunci dari hal ini adalah saat peminjam mengunduh aplikasi pinjol tersebut. Jika peminjam cermat, saat akan mengunduh aplikasi ini, ada persyaratan yang bisa dibaca. Isinya adalah, aplikasi ini bisa mengakses daftar kontak nomor telepon di ponsel peminjam.

Yang menarik, sejumlah Desk Collector alias sang penagih secara daring menyebut teman-teman peminjam yang dihubungi dan ikut diteror sebagai kontak darurat. Padahal, realitanya mereka sebenarnya sudah mendapatkan seluruh nomor kontak dari ponsel peminjam.

Pemilik akun Twitter lainnya, @msglow_byayu bahkan menjelaskan kalau aplikasi pinjol bisa mengakses lebih dalam dari sekadar kontak. Karena kebanyakan pengunduh nggak membaca persyaratan saat mengunduh atau menyetujui peminjaman, aplikasi ini bisa mengambil data-data pribadi cukup banyak.

Banyak orang yang terdesak untuk meminjam di pinjol tanpa menyadari aplikasinya bisa mengambil data-data pribadi dan penting dari ponsel. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Banyak orang yang terdesak untuk meminjam di pinjol tanpa menyadari aplikasinya bisa mengambil data-data pribadi dan penting dari ponsel. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

OJK Sebenarnya Sudah Memberikan Aturan Terkait Akses Aplikasi Pinjol

Pemerhati media sosial dan teknologi @ismailfahmi sebenarnya sudah membeberkan aturan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terkait kemampuan aplikasi pinjol dalam mengakses data ponsel peminjam. Bukannya kontak, sebenarnya aplikasi ini hanya boleh mengakses kamera, mikrofon, serta lokasi saja. Sayangnya sebagian besar aplikasi, khususnya yang ilegal, nggak mematuhinya.

“Ada pinjol yang mematuhinya. Tapi ada juga yang ambil data lebih,” ujar Ismail.

Yang diambil bahkan sangat parah, bisa jadi histori kontak, nama kontak, galeri foto dan video, dan lain-lain. Hal inilah yang seperti dijadikan “jaminan” bagi pinjol agar peminjam benar-benar mau mengembalikan uangnya.

Lantas, bagaimana jika kita mendapatkan teror dari para penagih kalau ada keluarga atau teman yang terjebak pinjaman online? Ismail menyarankan kita untuk memblokirnya jika sudah merasa terganggu. Hanya, biasanya kita akan mengingatkan peminjam terkait hal ini agar bisa menyelesaikannya.

Kamu sudah pernah mendapatkan teror dari pinjol karena yang meminjam orang yang kamu kenal belum nih, Millens? (Kom/IB09/E05)