Knalpot Mobil Keluar Air, Normal Nggak, sih?

Knalpot Mobil Keluar Air, Normal Nggak, sih?
Jangan panik jika air keluar dari knalpot. (2pnews via Kompas)

Biasanya, dari knalpot mobil mengeluarkan air ketika dipanasi di pagi hari. Apakah hal itu jadi tanda kalau mobil normal atau justru ada masalah?

Inibaru.id – Kalau kamu punya kendaraan, mungkin salah satu rutinitasmu di pagi hari adalah memanaskannya. Tujuannya, mencairkan oli pada ruang mesin, transmisi, serta melancarkan asupan bensin pada sistem injeksi.

Nah, ketika proses pemanasan mesin ini, ada air yang keluar dari knalpot. Beberapa percaya kalau air ini jadi tanda kondisi mobil sehat dan nggak bermasalah. Tapi benar nggak sih?

Ternyata hal itu memang benar, Millens. Air yang keluar dari knalpot mobil ketika dipanasi itu menandakan kalau kendaraanmu normal. Begitu kata Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi.

“Jika mesin sehat, gas buangnya bagus dan masih ada (sisa pembakaran) yang ada di dalam knalpot akan mengembun karena pendinginan suhu udara luar. Itu terjadi karena adanya proses penguapan atau kondensasi saat mobil terparkir lama saat malam hari,” ujar Didi, Kamis (8/7).

Kata Dedi, kondensasi itu terjadi di dalam pipa knalpot lantaran materialnya terbuat dari bahan besi. Ketika mobil diparkir semalaman bakal terjadi proses pengembunan di dalam knalpot. Karena itu, saat mesin mobil dipanaskan maka proses penguapan di mesin terjadi. Panas ini bakal mendorong embun keluar dari lubang saluran pembuangan sisa pembakaran.

“Proses inilah yang membuat air menetes dari ujung knalpot saat mesin mobil di panaskan atau bahkan digunakan beraktivitas. Nanti, embunnya akan terdorong keluar dan kalau sudah terbuang airnya (embun) juga akan habis,” kata dia.

Kondisi ini, lanjut Dedi juga tergantung pada cuaca di sekitar. Kalau cuacanya dingin maka intensitasnya bisa terjadi setiap hari. “Tapi kembali lagi, bahwa itu normal dan bukan menjadi tanda adanya masalah pada mesin,” ucapnya.

Tanda Mesin Mobil Bermasalah dari Knalpot

Kamu bisa mengecek kondisi mobil dari knalpot. (Shutterstock via Suara)
Kamu bisa mengecek kondisi mobil dari knalpot. (Shutterstock via Suara)

Biar kamu makin yakin dengan kondisi mobilmu, berikut ini tanda-tanda kalau sebaiknya mobilmu dapat “perawatan intensif” di bengkel dilihat dari kondisi knalpotnya. Apa saja ya?

Knalpot Berbau Nggak Sedap

Hal ini mungkin jarang diperhatikan, karena sulit dideteksi ketika berkendara. Tapi, jika tercium bau yang terlalu kuat saat mobil dipanaskan di garasi, itu adalah salah satu tanda buruk dari sistem pembakaran pada mesin.

Knalpot Berasap

Di masa kini, banyak mobil yang telah dirancang untuk mencapai pembakaran sempurna. Tanda terjadinya pembakaran sempurna adalah nggak ada asap yang keluar dari knalpot. Dengan begitu, gas yang keluar dari knalpot lebih dominan CO2 dan minim gas-gas beracun seperti CO.

Nah, jika knalpot mengeluarkan asap apalagi berwarna hitam, hal itu tanda pembakaran nggak sempurna. Sebabnya, mesin membakar terlalu banyak bbm dari yang seharusnya.

Nah, itu dia beberapa tanda mobilmu bermasalah yang dapat dilihat dari knalpot. Jadi, jangan panik ya kalau mobil kesayanganmu “ngiler”, Millens. He (Kom,Auto/IB21/E07)