Peringati HPSN di Pantura, Reduce, Reuse, dan Recycle Jadi Anjuran Menteri LHK Atasi Sampah Plastik

Peringati HPSN di Pantura, <em>Reduce, Reuse</em>, dan <em>Recycle</em> Jadi Anjuran Menteri LHK Atasi Sampah Plastik
Bupati Kendal Mirna Annisa Menteri beserta masyarakat berfoto bersama setelah sesi pemberian rompi kepada perwakilan organisasi. (Inibaru.id/ Aldo Rahadhian)

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar turut serta dalam memperingati Hari Peduli Sampah Nasional di Kabupaten Kendal.

Inibaru.id – Aksi bersih sampah diinisiasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) guna memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang berlangsung Minggu (24/2/2019). Bertempat di Pantai Sendang Sikucing, Kendal, Jawa Tengah, aksi yang dihadiri Menteri LHK Siti Nurbaya itu diikuti tak kurang dari 2.000 peserta.

Para peserta yang hadir terdiri atas pelbagai elemen masyarakat, mulai dari pelajar, TNI, Polri, hingga para ASN. Selain aksi bersih pantai, kegiatan itu juga diikuti dengan senam bersama dan bazar yang dimulai sekitar pukul 06.30 WIB.

Menteri LHK Siti Nurbaya. (Inibaru.id/ Aldo Rahadhian)

Tak hanya di Kendal, peringatan HPSN di Jawa Tengah juga digelar serentak di sejumlah titik lain di pesisir pantai utara (pantura). Beberapa tempat tersebut antara lain Kota Tegal, Kota Semarang, Kabupaten Brebes, Kabupaten Pemalang, Kabupaten Kebumen, Kabupaten Jepara, Kabupaten Rembang, dan Kabupaten Batang.

Menteri LHK Siti Nurbaya mengatakan, selain peringatan HPSN, kegiatan itu juga sekaligus berkaitan dengan Gerakan Indonesia Bersih. Menurutnya, Indonesia harus bersih untuk menjadi sehat dan untuk menjadi negara yang berbudaya.

 

Bupati Kendal Mirna Annisa sedang berpartisipasi menanam cemara laut. (Inibaru.id/ Aldo Rahadhian)

Pada kesempatan itu Siti juga mengatakan bahwa berdasarkan penelitian KLHK, sampah plastik terbesar saat ini memang tersebar di garis pantai. Karena itulah tahun ini peringatan HPSN digelar di bibir pantai dengan aksi bersih-bersih sampah plastik.

Mirna Annisa dan Siti Nurbaya Bakar sedang berpartisipasi menanam cemara laut. (Inibaru.id/ Aldo Rahadhian)

 

Reduce, Reuse, dan Recycle

Dalam pidato yang berlangsung tak jauh dari bibir pantai tersebut, Siti Nurbaya menekankan pentingnya mengelola sampah plastik bagi masyarakat setempat. Menurutnya, penting bagi masyarakat untuk pengelolaan sampah yang disebut reduce, reuse, dan recycle.

"Sampah-sampah plastik dikurangi, kalau masih ada dipakai ulang, dimanfaatkan menjadi produk lain, atau diolah," tutur Siti.

Warga ikut berpartisipasi dalam gerakan bersih pantai. (Inibaru.id/ Aldo Rahadhian)

Turut serta dalam kegiatan tersebut adalah Bupati Kendal Mirna Annisa, Wakil Bupati Kendal Masrur Masykur, Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah dan Limbah Rosa Vivien Ratnawati, Anggota DPR RI Fadholi, para pegiat pengelolaan sampah, dan berbagai pegiat lingkungan hidup.

Wah, andaikan HPSN diselenggarakan setiap hari, betapa bersihnya negeri ini! Ha-ha. Kamu merayakan hari peduli sampah dengan apa, Millens? (Almira Rheina/E03)