Klasemen Akhir Asian Games 2018, Banyak Rekor Tercipta

Klasemen Akhir Asian Games 2018, Banyak Rekor Tercipta
Marcus Gideon dan Kevin Sanjaya saat meraih emas bulu tangkis ganda putra untuk Indonesia (Nysnmedia.com/Photo Riz)

Indonesia sukses besar menempati peringkat keempat perolehan medali hingga akhir Asian Games 2018. Nggak hanya Indonesia, beberapa negara juga mencetak sejarah baru di Asian Games kali ini.

Inibaru.id – Indonesia memecahkan rekor perolehan medali di Asian Games 2018. Jumlah 31 medali emas, 24 perak, dan 43 perunggu jauh melampaui catatan perolehan medali emas Asian Games Jakarta 1962 yang hanya 11 emas, 12 perak, dan 28 perunggu. Selain rekor baru yang dicetak Indonesia, ada beberapa rekor lain yang tercipta di Asian Games tahun ini.

Kompas.com, Senin (3/9/2018) menulis, Tiongkok menjadi juara umum Asian Games 2018 dengan 132 medali emas. Di posisi kedua adalah Jepang dengan perolehan 75 medali emas, disusul Korea Selatan yang meraih 49 medali emas. Indonesia berada di posisi keempat, jauh lebih tinggi dari target masuk 10 besar yang dicanangkan pemerintah.

Nggak cuma Indonesia, Uzbekistan juga mendapatkan medali emas terbanyak dalam sejarah di Asian Games 2018. Berada di posisi kelima, negara pecahan Uni Soviet ini meraih 21 medali emas, lebih banyak 6 buah dibandingkan saat mereka berpartisipasi di Asian Games 2002.

Negara lain yang juga memecahkan rekor perolehan medali adalah Bahrain, Kirgiztan, dan Kamboja.  Bahrain mendapatkan 12 medali emas, 3 medali lebih banyak dari 2014. Sementara itu, Kamboja dan Kirgiztan sama-sama meraih 2 medali emas. Sebelum ini, Kamboja hanya pernah meraih satu medali emas pada Asian Games 2014 sedangkan Kirgiztan meraih satu medali emas saat berpartisipasi pada penyelenggaraan Asian Games 2002 dan 2010.

Salah satu kisah paling luar biasa di Asian Games 2018 adalah partisipasi dari Korea Bersatu. Kendati hanya berlatih bersama sebentar, atlet gabungan dari Korea Utara dan Korea Selatan ini mampu meraih empat medali. Satu di antaranya adalah medali emas dari cabang olahraga perahu naga wanita.

Di sisi lain, delapan negara ini sama sekali nggak mendapatkan medali. Negara-negara tersebut adalah Bangladesh, Bhutan, Brunei Darussalam, Maladewa, Palestina, Sri Lanka, Timor Leste, Oman, dan Yaman.

Yap, prestasi Indonesia di Asian Games 2018 memang sangat membanggakan. Semoga prestasi ini dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan di ajang-ajang olahraga lainnya ya, Millens. (IB09/E04)