Kisah Anaknya Viral, Orang Tua Audrey Yu Jia Hui Beri Klarifikasi

Beredar kabar pelajar jenius dari Indonesia, Audrey Yu Jia Hui pernah bekerja di NASA dan ditawari kerja di BPPT. Berikut adalah klarifikasi dari kabar yang ternyata hoaks tersebut.

Kisah Anaknya Viral, Orang Tua Audrey Yu Jia Hui Beri Klarifikasi
Audrey Yu yang dikabarkan pernah bekerja di NASA. (Liputan6/Agustinus M. Damar)

Inibaru.id – Belakangan ini viral berita yang menginformasikan tentang pelajar jenius dari Indonesia, Audrey Yu Jia Hui. Audrey disebut-sebut pernah bekerja di Badan Antariksa milik Amerika Serikat (NASA). Namun, berita yang menghebohkan masyarakat sejak Minggu (7/7/2019) ini hanyalah hoaks belaka.

Sejumlah pihak pun meluruskan informasi yang terkait dengan sosok Audrey ini seperti pihak Istana, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Penerbit Bentang Pustaka, dan orang tua Audrey.

Dalam hoaks yang berawal dari cuitan akun Twitter @nithasist, disebutkan Audrey mendaftar TNI di usia 17 tahun dengan menggunakan ijazah S-2. Gelar S-2 didapatkan di usia semuda ini karena Audrey sangat jenius sehingga bisa menempuh pendidikan dalam waktu yang jauh lebih singkat.

Kabar ini langsung diklarifikasi penerbit Bentang Pustaka yang pernah menerbitkan dua buku hasil karya Audrey. Bentang Pustaka menyebut Audrey memang benar-benar jenius.

“Audrey Yu Jia Hui dinobatkan sebagai satu dari 72 duta prestasi Indonesia dalam pagelaran Festival Prestasi Indonesia” tulis akun Twitter @bentangpustaka pada Senin (8/7).

Editor Bentang Pustaka Nurjannah Intan, juga menyebut Audrey mengenyam pendidikan di The College of William and Mary, Virginia, Amerika Serikat.

“Sekolah ini khusus untuk anak-anak berbakat. Sekarang, dia ambil S-3 di Amerika, tapi nama kampusnya nggak diberitahu keluarganya,” terang Nurjannah.

Nurjannah juga membenarkan informasi tentang dua karya buku Audrey, yakni Mellow Yellow Drama yang terbit pada 2014 dan Mencari Sila Kelima yang terbit satu tahun kemudian. Buku pertamanya menceritakan keluh kesahnya yang dianggap tidak pantas menjadi orang Indonesia secara utuh karena keturunan Tionghoa. Sementara itu, buku keduanya menceritakan cintanya tentang Indonesia.

Hanya saja, khusus untuk kabar yang menyebut Audrey pernah bekerja di NASA, Nurjannah langsung membantahnya. Dia menyebut Audrey memiliki passion lebih ke bahasa.

Passion-nya ke bahasa, nggak pernah di NASA. Tapi kalau jadi penerjemah PBB di China pernah,” terang Nurjannah.

Hal yang sama juga diungkap oleh ayah Audrey, Budi Loekito. Dia memastikan bahwa putrinya nggak pernah kerja di NASA.

Sementara itu, kabar yang menyebut Audrey bertemu Jokowi saat berada di KTT G-20 di Jepang dua pekan lalu juga tidak benar. Saat itu, Audrey disebut-sebut ditawari untuk bekerja di Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Hal ini dibantah langsung oleh Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

“Sepengetahuan saya, Presiden waktunya di KTT G-20 sangat terbatas karena penuh dengan acara resmi,” terang Retno.

Sang ayah, Budi juga kembali menegaskan anaknya nggak pernah bertemu dengan Presiden Jokowi, nggak pernah bekerja di NASA, dan memastikan anaknya baru mengenyam pendidikan S1. Hanya saja, kini sedang menempuh S-2 dan S-3 di Amerika Serikat.

Duh, jangan termakan hoaks lagi ya, Millens. (IB09/E04)