Klarifikasi Garuda Indonesia Soal Larangan Mengambil Foto di Pesawat
Larangan mengambil foto Garuda Indonesia. (Alghast)

Klarifikasi Garuda Indonesia Soal Larangan Mengambil Foto di Pesawat

Warganet protes dengan surat edaran dari Garuda Indonesia yang berisi larangan mengambil foto di dalam pesawat. Seperti apa klarifikasi pihak Garuda terkait hal ini?

Inibaru.id – Belakangan ini, sedang viral unggahan yang menunjukkan maskapai Garuda Indonesia mengeluarkan surat yang berisi larangan untuk mengambil foto di dalam pesawat. Unggahan ini langsung memancing reaksi negatif dari para warganet. Pihak Garuda pun langsung melakukan klarifikasi terkait dengan hal ini.

Laman CNNIndonesia, Selasa (16/7/2019) menulis, VP Corporate Secretary Garuda Indonesia M Ikhsan Rosan menyebut pengumuman ini sebenarnya adalah surat edaran untuk internal perusahaan. Bahkan, pengumuman ini belum final dan seharusnya tidak dikeluarkan untuk publik.

Ikhsan menyebut Garuda telah memperbaiki surat edaran yang dimaksud. Isi terkait dengan hal yang sama yakni tentang aturan mengambil foto di dalam pesawat demi menghormati privasi penumpang lainnya atau awak pesawat yang sedang menjalankan tugas.

Surat larangan mengambil foto di dalam pesawat. (Twitter/Amrazing)

“Kalau untuk kepentingan pribadi seperti swafoto sih nggak apa-apa. Asalkan nggak mengganggu kenyamanan atau merugikan penumpang lainnya,” terang Ikhsan.

Ikhsan juga menyebut surat imbauan ini ditujukan untuk memastikan operasional Garuda Indonesia sesuai dengan aturan yang berlaku, khususnya UU Penerbangan, UU ITE, dan UU-UU terkait lainnya.

Garuda Indonesia memiliki komitmen untuk menjaga privasi bagi seluruh penumpang serta awak pesawat. Kemunculan surat ini juga berawal dari saran dan masukan para pengguna yang pernah merasakan ketidaknyamanan karena adanya proses pengambilan gambar dari orang lain di dalam pesawat tanpa izin.

Surat yang mendapatkan protes dan kritik dari warganet sebelumnya berisi tentang larangan dari Garuda Indonesia bagi para penumpang dan awak kabin untuk mengambil foto di dalam pesawat. Surat ini juga mengimbau awak kabin untuk menegur penumpang secara tegas kepada penumpang jika melakukannya. Bahkan, Garuda menyebut akan melakukan sanksi jika ada yang melanggar hal ini. Surat ini ditandatangani Pjs. SM. FA Standardization & Development Garuda Indonesia, Evi Oktaviana.

Kalau menurut Millens, seharusnya boleh nggak sih mengambil foto di dalam pesawat? (IB09/E04)