KKN Kala Pandemi, Mahasiswa Upgris Bikin Video Edukasi Cegah Covid-19

KKN Kala Pandemi, Mahasiswa Upgris Bikin Video Edukasi Cegah Covid-19
Indah bersama Kepala Puskesmas Tlogosari Kulon. (Doc. Indah)

Anita Indah Mulyasari, mahasiswi dari Universitas PGRI Semarang (Upgris) mau nggak mau tetap melaksanakan KKN di tengah pandemi. Siasat yang dia lakukan adalah dengan membuat video edukasi dalam mencegah Covid-19.

Inibaru.id - Kegiatan pengabdian masyarakat tetap dilakukan mahasiswa di tengah pandemi. Salah satunya seperti yang dilakukan Anita Indah Mulyasari, mahasiswa Universitas PGRI Semarang (Upgris). Mencoba mengedukasi masyarakat, dia membuat video menjaga Perilaku Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Dalam video itu, Anita menyuarakan agar masyarakat rajin mencuci tangan, menggunakan masker, dan menjaga jarak. Nggak berhenti di situ, perlu juga dalam menjaga kebersihan diri dan lingkungan, makan yang bergizi, dan merawat imunitas dengan meminum vitamin.

Video edukasi milik Indah. (Doc Indah)<br>
Video edukasi milik Indah. (Doc Indah)

Video edukasi Anita itu ditunjukan untuk lingkungan sekitarnya, yaitu di Tlogosari Kulon, Kota Semarang. Dalam hal ini Anita juga bekerja sama dengan Puskesmas Tlogosari Kulon. Ini dilakukan agar mereka yang datang ke puskemas bisa sadar dengan edukasi tersebut.

“Puskesmas memang jadi tempat yang tepat untuk video edukasi saya,” ujar Anita pada Minggu (30/8/2020).

Penyerahan poster. (Doc. Indah)<br>
Penyerahan poster. (Doc. Indah)

Alasan Anita membuat video edukasi adalah karena dia merasa masyarakat kurang minat baca. Jika cuma selebaran poster atau narasi berbentuk tulisan, dia takut pesan nggak tersampaikan. Nah, dengan video, dia berharap masyarakat bisa melihat, mendengarkan, dan meresapi.

“Saya juga akan menyebarkan via sosial media saya,” tambahnya.

Medium video digunakan agar pesan bisa langsung tersampai ke masyarakat. (Doc. Indah)<br>
Medium video digunakan agar pesan bisa langsung tersampai ke masyarakat. (Doc. Indah)

Medium video yang diterapkan Anita ini bukan datang begitu saja. Sebelumnya Anita sudah banyak berkecimpung di videografi dan pembuatan film. Mahasiswa kelahiran 1999 ini pernah menjuarai spot film Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah.

Dua film bikinannya, yakni Penyelamat itu Bernama Fei dan Orang yang Hebat Orang yang Sehat. Bahkan dalam film kedua dia menjadikan Walikota Semarang Hendrar Prihadi sebagai salah seorang aktornya.

Wah, keren ya, Millens! (Audrian F/E03)