Kisah Ryu, Bayi 6 Bulan yang Terkena Eczema Usai Diajak ke Kondangan

Beberapa hari lalu, kisah yang dibagikan warganet di Instagram viral. Akun @papeeryuzio itu menceritakan tentang anaknya yang terkena eksim atopik usai dipegang banyak orang saat diajak ke kondangan.

Kisah Ryu, Bayi 6 Bulan yang Terkena Eczema Usai Diajak ke Kondangan
Bayi Ryu. (Instagram/@papeeryuzio)

Inibaru.id – Anak adalah anugerah dari Tuhan yang perlu dijaga. Sudah semestinya orang tua ingin melindungi anaknya dari berbagai macam bahaya. Ada berbagai macam cara melindungi anak, ada yang esktra menjaga kebersihan anaknya baik dari makanan, pakaian, tempat main, dan barang yang dipegang sang bayi.

Sayang, meski orang tua sudah menjaga dengan baik, ada saja hal-hal yang membuat anak terganggu. Hal itu bisa berasal dari faktor ekternal seperti lingkungan yang dialami salah satu warganet ini. Melalui fitur Instagram story, akun @papeeryuzio membagikan pengalaman pahitnya mengenai bayinya yang terkesna eksim atopik usai dipegang orang lain. Kisah yang dibagikan Papa Ryu ini pun viral di media sosial.

Beberapa waktu lalu, dia bersama istrinya mengajak bayinya yang masih berumur 6 bulan menghadiri acara resepsi pernikahan untuk kali pertama. Karena bayinya lucu, para tamu yang melihatnya langsung heboh. Mereka ada yang menyubit, menowel, hingga mencium Ryu saking gemasnya tanpa memperhatikan kebersihan tangan mereka saat memegang Ryu.

Benar saja, orang tua Ryu kemudian mendapati bayinya mengalami gatal-gatal sepanjang malam dan nggak bisa tidur. Wajah Ryu mengalami ruam hebat dan harus dibawa ke dokter kulit. Ryu pun divonis mengidap eczema atau eksim. Eczema atau eksim adalah kelainan kulit kronis yang sangat gatal, ditandai dengan kulit kering, inflamasi, dan kambuh-kambuhan.

Seperti ditulis laman Viva (15/5/2019), penyakit itu memang bisa kambuh karena kotor, berkeringat, hingga disentuh oleh tangan yang kurang bersih. Inilah yang pengin disampaikan Papa Ryu kepada warganet. Dia mengingatkan warganet untuk memastikan kebersihan diri saat ingin memegang bayi.

Mulai sekarang, sobat Millens mesti sadar diri ya kalau pengin memegang bayi. Mau selucu apapun bayi itu, tapi kalau kondisi tanganmu kotor, usahakan nggak perlu memegangnya demi kesehatan si bayi. Setuju? (IB07/E04