Kisah Ponari Berulang, Warga Lampung Berburu Air Rendaman Meteorit!

Kisah Ponari Berulang, Warga Lampung Berburu Air Rendaman Meteorit!
Air rendaman batu meteorit yang jatuh di Lampung diburu untuk diminum warga. (Infolampungterkini)

Masih ingat dengan kisah Ponari yang dipercaya memiliki batu sakti sehingga air rendaman batunya diburu banyak orang? Nah, hal ini terulang di Lampung. Air rendaman meteorit ini juga diburu karena dianggap mujarab!

Inibaru.id - Munjilah terkejut bukan main saat dapur rumahnya tiba-tiba kejatuhan meteorit pada Kamis (28/1/2021) malam. Hanya, warga sekitarnya yang tinggal di Dusun 5, Astomulyo, Lampung Tengah ini justru ramai-ramai mendatangi rumah Munjilah karena menganggap batu meteorit ini sebagai benda bertuah.

Masih ingat dengan fenomena batu Ponari, Millens? Yap, pada 2009 lalu, warga dari sejumlah wilayah di Pulau Jawa mendatangi rumah sang bocah cilik di Jombang, Jawa Timur demi mendapatkan air rendaman batu bertuah milik Ponari yang kabarnya bisa menyembuhkan penyakit. Hal yang sama terjadi pada meteorit yang jatuh di rumah Munjilah. Warga juga menganggapnya bisa memberikan manfaat kesehatan!

"Ada warga yang percaya sehingga batu itu direndam di akuarium. Lalu air rendamannya itu diambil. Katanya berkhasiat seperti obat," ucap Kepala Dusun setempat Edi Kurniawan.

Nggak hanya diminum, ada juga yang membalurkan air rendaman dari meteorit ini ke tubuh. Satu hal yang pasti, rumah Munjilah ramai didatangi banyak orang hingga akhirnya polisi membubarkannya. Aparat juga meminta Munjilah menyimpan batu tersebut agar nggak lagi memicu keramaian di masa pandemi Covid-19.

Batu meteor yang jatuh di Lampung. (Istimewa)<br>
Batu meteor yang jatuh di Lampung. (Istimewa)

Bukannya Bertuah, Bisa Jadi Meteorit Malah Berbahaya

Masalahnya, berdasarkan keterangan Dosen Program Sains Atmosfer dan Keplanetan Institut Teknologi Sumatera (Itera) Lampung Robiatul Muztaba, belum bisa dipastikan apakah batu meteorit ini aman atau tidak karena sampelnya masih diteliti.

"Kandungan radioaktifnya akan diteliti, jadi jangan dikonsumsi dulu," ucap Robiatul yang mendatangi rumah Munjilah untuk mengambil sampel meteorit tersebut.

Hasil penelitian ini baru keluar seminggu ke depan. Jika sampai benar ada kandungan radioaktif pada meteorit tersebut, warga yang sudah meminum air rendamannya rentan mengalami masalah kesehatan seperti kanker. Duh!

Kok bisa ya banyak orang percaya kalau air rendaman meteorit serta batu Ponari berkhasiat? Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Jombang Jawa Timur Pudji Umbaran menyebut hal ini disebabkan oleh efek plasebo. Masyarakat percaya sehingga secara psikologis merasa kondisi tubuhnya lebih baik. Padahal sebenarnya mereka nggak mengalami perbaikan kondisi apapun.

"Mirip seperti ada orang yang merasa sembuh sebelum meminum obat dari dokter karena sudah terlanjur cocok pada dokter itu," ungkap Pudji pada 2009, saat fenomena Batu Ponari menghebohkan Indonesia.

Kalau kamu, percaya nggak kalau batu Ponari atau batu meteorit di Lampung ini memang bertuah? Dari luar angkasa, lo. (Vic/IB28/E07)