Ada Penguin Kedinginan di Kanada. Kok Bisa?

Penguin di Calgary, Kanada, dimasukkan ke dalam ruangan lantaran tampak kedinginan. Ini menyusul cuaca ekstrem yang mendera sebagian wilayah di Amerika bagian barat.

Ada Penguin Kedinginan di Kanada. Kok Bisa?
Penguin. (Bbc.com)

Inibaru.id  Yang kita tahu, penguin adalah binatang yang tahan dengan suhu dingin. Namun, satwa yang mendiami kutub utara itu rupanya bisa kedinginan juga lo, Millens. Kisah itu terjadi di Kebun Binatang Calgary, Kanada. Sejumlah penguin di sana dimasukkan ke dalam ruangan karena kedinginan. Lah, kok?

Perubahan cuaca di Amerika bagian barat yang terjadi akhir-akhir ini menyebabkan sejumlah negara mengalami cuaca dingin yang ekstrem, di antaranya Kanada. Di negara itu, suhu udara mencapai minus 25 derajat celcius. Inilah yang membuat para penguin itu nggak kuat di luar ruangan.

Seperti ditulis Kompas.com, Jumat (5/1/2018), pengelola kebun binatang pun kemudian memasukkan para penguin tersebut ke dalam ruangan untuk membuat mereka lebih hangat.

Baca juga:
Kim Jong Un Tampil Beda
Yon Koeswoyo Meninggal, Indonesia Berduka

“Pada kondisi normal, para penguin bisa di dalam atau luar ruangan. Namun, jika dingin seperti ini, kami terpaksa masukkan mereka ke ruangan,” ujar Larissa Mark, Manajer Komunikasi Calgary.

Penguin yang menghuni Calgary adalah jenis Penguin Raja. Sekadar informasi, penguin jenis ini memang nggak terbiasa hidup di luar ruangan dengan suhu di bawah nol derajat celcius. Secara alami, mereka hidup di sub-Antartika atau di negara dengan iklim sedang.

Spesies Raja berbeda dengan Penguin Kaisar yang mendiami Antartika. Dibanding Kaisar yang lebih tahan terhadap udara dingin, Raja lebih menyukai iklim yang agak “hangat”.

Baca juga:
Meregang Nyawa karena Gila Kerja
Ketika Casey Neistat Jajal Kabin Kelas Satu Boeing 777 Emirates Airlines

Kurator kebun binatang, Malu Celli membenarkan tindakan pengelola kebun binatang Calgary. Tindakan memasukkan penguin ke ruangan sudah sesuai dengan pedoman kebun binatang untuk menghindari situasi yang lebih buruk.

Duh, kasihan ya penguinnya. Semoga badai di sana juga segera kelar. Kasihan juga kan membiarkan mereka terus-menerus dalam ruangan? (IF/GIL)