Kisah Patung Mata Satu 'Dajjal' di Arab Saudi

Kisah Patung Mata Satu 'Dajjal' di Arab Saudi
Patung mata satu di Jeddah, Arab Saudi, simbol Dajjal? (Eramuslim)

Di Arab Saudi, tepatnya di Jeddah, ada lo patung mata satu. Padahal, kamu tahu sendiri kan mata satu sering dianggap sebagai simbol Dajjal. Lantas, sebenarnya apa sih fungsi dari patung ini?

Inibaru.id – Kamu pasti akrab dengan simbol mata satu yang sering dikaitkan dengan Dajjal. Nah, simbol ini sering dibahas oleh mereka yang suka dengan konspirasi. Nah, menariknya, di Arab Saudi sana, ada lo patung mata satu yang juga sering disebut sebagai simbol Dajjal. Seperti apa sih kisah dari patung itu?

Yang menarik, kalau patung mata satu ini berdiri di Indonesia, dijamin bakal memicu kontroversi atau mendapatkan banyak protes. Hanya, karena berdiri di Arab Saudi, patung ini adem-ayem saja. Padahal, kalau dilogika, negara ini menerapkan Syariat Islam dengan ketat, bukan?

Nah, kalau kamu membahas Dajjal, sebenarnya ciri-cirinya sudah pernah dibahas dalam banyak hadis. Salah satunya adalah hadis riwayat Abdullah Ibnu Umar RA. Berikut adalah bunyi dari hadis tersebut.

“Rasulullah berdiri di depan para sahabat, maka Rasulullah memuji Allah yang memang ahlinya, kemudian beliau menuturkan tentang Dajjal, kemudian berkata: ‘Aku mengingatkanmu dan tidaklah setiap nabi kecuali mengingatkan kaumnya, tetapi akan aku katakana padamu perkataan yang tidak pernah dikatakan oleh para nabi kepada kaumnya. Sesungguhnya Dajjal itu bermata satu dan sesungguhnya Allah tidak bermata satu,” (HR Bukhari dan Muslim).

Selain hadis ini, ada juga hadis lain yang menjelaskan kalau Dajjal memiliki ciri-ciri berupa laki-laki dengan badan yang pendek, memiliki rambut keriting, buta sebelah, dan memiliki jarak antar betis yang jauh. Selain itu, dia sering memicu kerancauan dengan perkataannya sehingga membuat manusia kebingungan.

Patung satu mata ini sebenarnya adalah karya seni. (sculpturesofjeddah.com)
Patung satu mata ini sebenarnya adalah karya seni. (sculpturesofjeddah.com)

Sebenarnya, keberadaan patung mata satu ini mulai terkuak oleh warganet Indonesia sejak seorang Youtuber bernama Alman Mulyana mengunggahnya pada 12 Juli 2019 lalu. Patung ini berada di sebuah taman. Tamannya nggak begitu spesial, sih. Tapi patung mata satu ini sangatlah unik dan menarik perhatian karena ukurannya juga cukup besar.

Yang bikin heran, di Arab Saudi, patung ini justru nggak begitu dipedulikan. Kalau menurut Alman, warga Arab nggak memusingkannya tanpa ada demo atau bahkan kritikan dari satu orang pun. Alman juga bilang kalau warga sana lebih tertarik menjalankan agamanya dengan baik alih-alih memusingkan karya seni seperti itu.

Patung ini sudah ada sejak 1998 lalu, lo. Arsitek dari patung ini adalah Cesar Baldaccini dari Prancis. Meski sering dikira sebagai patung Dajjal, sebenarnya patung mata satu hanyalah bagian dari serial patung-patung tentang anggota tubuh yang dia buat seperti The Thumb (Ibu Jari), dan The Fist (Siku). Kalau yang satu mata ini sih dikenal sebagai The Eye.

Tebak, di mana lokasi patung mata satu berada? Yap, patung ini ada di Jeddah Sculpture Museum. Patung ini dibuat dari bahan perunggu dengan ketinggian 500 cm.

Kamu tertarik melihat langsung patung satu mata yang sering dikira simbol Dajjal di Arab Saudi ini, nggak, Millens? (Buz/IB09/E05)