Kisah Patung Jenderal Soedirman di Jepang, Dihargai dan Bakal Diperbanyak

Kisah Patung Jenderal Soedirman di Jepang, Dihargai dan Bakal Diperbanyak
Patung Jenderal Soedirman di Jepang. (GoodNewsFromIndonesia)

Kamu tahu nggak Millens kalau di Jepang ada patung Jenderal Soedirman? Kabarnya, patung itu adalah satu-satunya pahlawan dari negara lain yang berdiri di Negeri Matahari Terbit. Lantas, mengapa Jepang bisa menghargai Jenderal Soedirman, ya?

Inibaru.id - Di Indonesia, patung Jenderal Soedirman atau jalan-jalan yang dinamai Soedirman sudah nggak asing lagi. Hanya, di Jepang ternyata ada lo patung Jenderal Soedirman. Bahkan, patung ini konon adalah satu-satunya patung pahlawan dari negara lain yang ada di sana.

Hal ini tentu sangat nggak biasa, Millens. Logikanya, Jenderal Soedirman hanya berjuang untuk Indonesia. Namun, Jepang justru sangat menghargai kisah heroiknya. Apa ya alasan didirikannya patung Jenderal Soedirman di sana?

Seorang YouTuber dan Tiktoker asli Jepang yang pernah menetap di Jakarta bernama Yamataka pernah mengulas patung Jenderal Soedirman itu. Patung ini ternyata ada di Lapangan Boueshou.

Boueshou kalau dalam bahasa Indonesia artinya adalah Kementerian Pertahanan Jepang. Nah, patung tersebut sebenarnya adalah hadiah dari Kementerian Pertahanan Indonesia pada tahun 2011. Hadiah tersebut merupakan bukti jika kedua negara bersahabat serta berkomitmen untuk meningkatkan kerja sama di bidang pertahanan dan keamanan.

Hadiah dari Menteri untuk Jepang. (GoodNewsFromIndonesia)
Hadiah dari Menteri untuk Jepang. (GoodNewsFromIndonesia)

Patung Jenderal Soedirman itu terbuat dari perunggu dengan tinggi sekitar empat meter. Menariknya, banyak warga Jepang yang tahu tentang kisah Soedirman sehingga membuatnya sangat dihormati. Buktinya, ada Kelompok Masyarakat Jepang Pecinta Indonesia yang sampai melakukan upacara peletakan bunga di depang patung tersebut beberapa kali.

Pada tahun 2015, Duta Besar Indonesia untuk Jepang juga mendapat undangan resmi untuk meletakkan karangan bunga di depan patung Soedirman. Saat itu, panitia pelaksanaan upacara Fuji Gemki juga menyebut Jenderal Soedirman merupakan figur penting dalam sejarah Indonesia dan Jepang.

Akan disebar di banyak tempat. (GoodNewsFromIndonesia)
Akan disebar di banyak tempat. (GoodNewsFromIndonesia)

Jumlah Patung Soedirman di Jepang Bakal Bertambah dan Disebar di Banyak Tempat

Hideaki Kase, kritikus Jepang yang sering mempromosikan revisionisme historis punya wacana untuk menyebarkan patung Jenderal Soedirman di banyak tempat. Hal itu dilakukan agar hubungan antara Jepan dan Indonesia makin erat.

Selain itu, baginya, lokasi patung sekarang yang ada di lingkup kantor Kementerian membuat nggak semua orang bisa melihatnya. Kalaupun ingin melihat, harus mendapatkan izin terlebih dahulu. Padahal, kisah perjuangannya sangat layak untuk diceritakan ke berbagai generasi.

Penghormatan Jepang terhadap Jenderal Soedirman nggak sampai di situ saja. Setiap perayaan Hari Kemerdekaan RI, para tokoh penting Jepang juga menyempatkan diri untuk melakukan upacara kecil dan tabur bunga di depan patung.

Keren ya, Millens, di Jepang ternyata ada patung Jenderal Soedirman. Warganya juga menghargai kisah heroiknya. Semoga saja hubungan Indonesia dan Jepang makin erat, ya?(Boo/IB28/E07)