Kisah Medusa, Pendeta Cantik yang Jadi Korban Perseteruan Athena-Poseidon

Kisah Medusa, Pendeta Cantik yang Jadi Korban Perseteruan Athena-Poseidon
Medusa, perempuan cantik berambur ular. (kidzworld)

Medusa mungkin lebih akrab dikenal sebagai monster atau tokoh antagonis dalam mitologi Yunani. Namun masa lalu Medusa berkata sebaliknya. Justru, ia adalah korban dari persaingan sengit Athena dan adik Zeus, Poseidon. Seperti apa kisahnya?

Inibaru.id - Medusa dalam mitologi Yunani jadi salah satu mahluk yang populer. Ia lekat dengan tampilan perempuan berparas cantik dengan rambut ular. Medusa juga bisa membuat siapapun yang melihat matanya menjadi batu.

Dengan tampilan dan kemampuannya, Medusa kerap direpresentasikan sebagai monster atau tokoh antagonis. Namun semua image itu nggak tercipta dari ruang hampa saja. Malah masa lalu Medusa bukan seperti citranya sekarang.

Selama hidup Medusa adalah pendeta dari dewi Athena yang merupakan Dewi Kebijaksanaan. Sebelum jadi Dewi, syarat yang harus dipenuhi adalah keperawanan, namun kisah memilukan menyandung hidupnya.

Korban Pertikaian Dewa

Kecantikan Medusa membuat tertarik para Dewa, terutama Poseidon sebagai Dewa laut. Poseidon yang punya hubungan sengit dengan Athena berniat memalukannya dengan berhubungan dengan Medusa di tangga kuil Athena.Setelah tu, Poseidon menghilang.

Namun ada beberapa versi juga. Ada yang bilang Medusa korban perkosaan dan ada juga yang bilang kalau Medusa menjadi istri Poseidon, sebab jika ada perempuan yang disukai Dewa maka akan menjadi pasangan mereka selamanya.

Medusa dikutuk oleh Athena. (AcientOriginz)<br>
Medusa dikutuk oleh Athena. (AcientOriginz)

Medusa yang berada di tengah situasi itu berdoa kepada Athena agar diberi bimbingan dan mohon ampun, namun kenyataannya sebaliknya. Athena merasa marah dan dikhianati, lalu mengirim Medusa ke pulau yang jauh dan dikutuk supaya nggak ada laki-laki yang menyukainya. Medusa diberi kaki berbentuk ayam, sayap logam raksasa, kulit pecah-pecah, kegilaan, rambut ular, dan mata mengerikan yang khas.

Berakhir Tragis

Bukan cuma menjalani hidup penuh kemalangan, ajal Medusa juga tragis. Ia ditaklukan oleh Perseus yang datang ke pulau pembuangan Medusa dengan persiapan serius.

Perseus membawa Pedang plus mahkota Zeus, sepatu terbang dari Hermes, dan Perisai dari Athena. Ia berhasil memenggal Medusa sekaligus mengakhiri kisah getir sang mantan ajudan dewi Athena ini.

Ketika terbunuh, Medusa sebenarnya nggak lenyap begitu saja. Kepalanya diubah menjadi perisai yang sangat kuat oleh Athena dan diberikan kepada Perseus.

Kekuatan Pelindung Kepala Medusa

Kepala Medusa itu konon sering dianggap jimat pelindung yang akan menjauhkan kejahatan. Maka banyak gambar kepala Medusa di artefak Yunani dan Romawi seperti pada perisai, penutup dada, dan mosaik.

Gambar kepala Medusa yang paling terkenal adalah milik logo perusahaan mode Italia, Versace.

Lambang Versace menggunakan simbol kepala Medusa. (Kaskus)<br>
Lambang Versace menggunakan simbol kepala Medusa. (Kaskus)

Medusa Hanya Korban

Bedasarkan pemaparan di atas, Medusa sebetulnya adalah korban dari pertikaian antar-Dewa. Lepas dari itu dia sebetulnya hanya pendeta yang setia. Apa yang dia lakukan bersama Poseidon juga bukan murni kesalahannya.

Nah, demikianlah kisah masa lalu Medusa. Ternyata cukup getir ya, Millens. (IB28/E05)