Kisah Maradona Melawan Timnas Indonesia; Cetak 2 Gol, Nggak Boleh Dikasari

Kisah Maradona Melawan Timnas Indonesia; Cetak 2 Gol, Nggak Boleh Dikasari
Diego Maradona saat bertanding melawan Timnas Indonesia. (Masahide Tomikoshi)

Maradona pernah punya catatan sejarah bersama Timnas Indonesia. Tepatnya di ajang perhelatan Piala Dunia U-20. Saat bertemu Indonesia, Maradona mencetak 2 gol dan dilindungi banyak orang, termasuk pemain Timnas kita. Kok bisa ya?

Inibaru.id - Diego Maradona wafat pada Rabu 25 November 2020 malam WIB. Pesepak bola legendaris asal Argentina ini mengembuskan napas terakhir di usia 60 tahun akibat serangan jantung.

Sepanjang karier sepakbolanya, Diego Maradona mencetak berbagai reputasi emas. Selain dua trofi Liga Italia bareng Napoli yang membuat namanya kini diabadikan sebagai nama stadion, keberhasilan membawa Tim Nasional (Timnas) Argentina juara Piala Dunia 1986 jadi yang paling dikenang hingga saat ini.

Tterlepas dari segala gelimang prestasinya yang mendunia, Diego Maradona ternyata pernah memiliki sejarah melawan Timnas Indonesia, tepatnya di Piala Dunia U-20 1979 yang diselenggarakan di Jepang. Dalam turnamen itu, Argentina muda tergabung di Grup B bersama Polandia, Yugoslavia dan Indonesia.

Aksi Maradona meliuk-liuk melewati pemain Timnas Indonesia. (Masahide Tomikoshi)
Aksi Maradona meliuk-liuk melewati pemain Timnas Indonesia. (Masahide Tomikoshi)

Lolosnya Indonesia ke turnamen dua tahunan tersebut cukup unik. Sebab, Indonesia mendapat hibah dari keengganan negara-negara Asia Barat mentas di ajang tersebut.

Pasalnya pada saat itu, Irak, Kuwait, Bahrain, Iran, Arab Saudi dan Korea Utara (Asia Timur) menolak tampil karena sponsor utama turnamennya adalah Coca Cola yang berasal dari Amerika Serikat (AS). Di tahun-tahun itu, mereka memang punya hubungan buruk dengan Amerika Serikat.

Dianggap Sebagai Aset Dunia Sejak Junior, Dilindungi Banyak Pihak

Ada cerita unik saat Indonesia bertanding melawan Argentina. Mundari Karya, salah seorang pelatih nasional Indonesia yang kala itu masih menjadi anggota Timnas U-20 menjadi orang yang beruntung pernah menghadapi Maradona. Katanya saat itu, Maradona dilindungi oleh semua orang karena dianggap sebagai salah satu aset berharga dunia.

"Waktu itu, pengawas pertandingan menyampaikan kepada kami lewat pelatih untuk tidak bermain kasar kepada Diego Maradona. Sebab dia menyebut Diego Maradona adalah aset dunia saat itu," kata Mundari.

Mundari Karya (putih) pernah melawan Maradona. (Media Indonesia)<br>
Mundari Karya (putih) pernah melawan Maradona. (Media Indonesia)

Adanya perlindungan khusus itu juga disebabkan karena reputasi Timnas Indonesia belum diketahui banyak orang di dunia. Alhasil, panpel dan pengawas pertandingan takut terjadi sesuatu yang nggak diinginkan kepada Maradona.

Perlindungan ini bahkan terkesan berlebihan karena salah seorang pemain Timnas sempat dikartu kuning dan disuruh keluar usai melanggar Maradona.

“Padahal, kalau saya lihat, dia (Maradona) juga kuat,” tuturnya.

Di pertandingan itu, Timnas Indonesia U-20 kalah telak 0-5 dari Argentina. Maradona mencetak dua gol. Meski mengaku sedih karena kalah telak, pria pemegang lisensi A Pro ini mengaku mengambil banyak pelajaran dari pertandingan bersejarah itu.

"Banyak hal yang bisa kami pelajari, terutama dari kekompakan tim di dalam dan di luar lapangan. Tidak ada bintang dalam tim seperti ditunjukan tim Argentina. Mereka di hotel bercampur saja, tidak ada pemain yang misah," tuturnya.

Sedih ya, Millens, salah satu legenda terbesar sepak bola kini telah berpulang. Kalau kamu, punya kenangan apa dengan Maradona, nih? (Bol/IB28/E07)