Kisah Kakek Mahmud yang Nggak Mau Jauh dari Istrinya Saat Ibadah Haji

Kisah Kakek Mahmud yang Nggak Mau Jauh dari Istrinya Saat Ibadah Haji
Kakek Mahmud dan Mak Cum. (Muslimobsession)

Kakeh Mahmud dan istrinya, Mak Cum harus selalu bergandengan tangan meskipun didorong dengan kursi roda saat menjalankan ibadah haji. Pasangan kakek nenek ini mengaku nggak mau berjauhan.

Inibaru.id – Sebuah kisah mengharukan muncul dari ibadah haji tahun ini. Kakek Mahmud Sopamena nggak mau berpisah dengan istrinya, Kalsum Litiloli saat berada di Tanah Suci. Hal ini didasari pada rasa cinta yang sangat dalam dari sang kakek kepada istrinya.

Laman Kompas, Jumat (19/7/2019) menulis, kakek berusia 87 tahun ini sama sekali nggak mau berpisah sejengkal pun dari istrinya yang berusia 12 tahun lebih muda. Petugas Kelompok Terbang (Kloter) 13 Calon Haji, Jusman Rivay sampai harus bersabar menangani pasangan ini saat menunaikan ibadah haji.

“Saat sampai di Madinah, kami harus menurunkan keduanya dengan kursi roda. Tapi keduanya nggak mau dipisahkan. Saat Mak Cum (Panggilan akrab Kalsum) jauh, Pak Mahmud langsung marah. Ya akhirnya Mak Cum kita panggil lagi agar mereka bisa bersama,” ungkap Jusman.

Sejak berangkat dari Makassar, Mahmud memang terlihat nggak bisa jauh dari istrinya. Bahkan, meskipun sama-sama berada di atas kursi roda, Kakek Mahmud terus memaksa agar bisa menggandeng istrinya.

“Sang kakek cemburu. Nggak boleh kita mendorong Mak Cum. Maunya Mak Cum didorong tapi sambil dipegang tangannya sama Pak Mahmud. Nggak hanya pegang tangan. Dielus-elus tangan, paha, dan kakinya. Kita juga harus memastikan keduanya nggak jauh-jauh biar bisa terus berpegangan,” lanjut Jusman.

Kerepotan Jusman dan petugas lainnya bahkan semakin bertambah saat Mak Cum harus menggunakan toilet. Mereka dengan sabar harus menenangkan Mahmud.

“Kita bawa mereka tapi nggak bisa dipisahkan. Dari saat memakai ambulans hingga ke pesawat Mak Cum harus di sisi Pak Mahmud. Kalau sampai kepisah Pak Mahmud pasti akan marah-marah lagi,” katanya.

Wah, kisah cinta yang sangat luar biasa di antara Kakek Mahmud dan Mak Cum ya Millens. Semoga saja ibadah keduanya berjalan dengan lancar di Tanah Suci. Hayo, siapa yang pengin mesra sampai tua dengan pasangan seperti Kakek Mahmud dan Mak Cum? (IB09/E04)