Kisah Inspiratif Winie Harlow, Kikis Stigma Vitiligo dari Panggung Catwalk

Kisah Inspiratif Winie Harlow, Kikis Stigma Vitiligo dari Panggung Catwalk
Winnie Harlow model pengidap vitiligo yang sukses. (Manifestcollegemag)

Terjangkit vitiligo nggak menjadi penghalang bagi model kenamaan Winnie Harlow untuk berprestasi. Dirinya sukses melawan stigma bahwa model dan standar kecantikan harus sempurna.

Inibaru.id - Winnie Harlow memang nggak seperti model lainnya yang memiliki kulit dengan warna yang rata. Model fashion Kanada berusia 25 tahun tersebut memiliki sisi eksotisnya tersendiri dengan penyakit vitiligo.

Melansir Grid.id,  bercak putih yang menyebar di banyak bagian tubuhnya itu justru menjadi salah satu ciri khasnya. Kulitnya yang terlihat rata nggak menghalangi rasa percaya diri berlenggak-lenggok di atas catwalk.

"Aku muak dengan berbagai anggapan dengan 'penderita Vitiligo', apakah kamu melihat saya menderita? Satu-satunya hal yang membuat saya menderita adalah pikiran tertutup manusia yang memiliki satu standar kecantikan terkunci dalam pikiran mereka," kata Winnie yang dikutip dari Glamour.com.

Secara singkat, vitiligo terjadi ketika kulit berhenti menghasilkan pigmen warna sehingga memunculkan bercak-bercak berwarna putih. Jika terkena sinar matahari penderitanya akan terasa terbakar dan terkadang juga gatal. Bercak menyebar dari bagian wajah, tangan, bibir, dan lain-lainnya seperti diidap Winnie.

Model yang pernah mendapatkan Penghargaan Glamour untuk Editor's Special Award itu merasa kulitnya bukan menjadi masalah besar yang menghalanginya untuk nggak berprestasi. Dia juga nggak mau dikasihani dan seperti yang telah disampaikan, dia jijik pada orang-orang yang berpikiran tertutup akan standar kecantikan.

"Saya benar-benar hanya manusia, saya memiliki otak yang sama seperti anda, ada kerangka di bawah kulit saya seperti Anda. Penyakit saya tidak seserius itu," ujarnya.

Kesedihan sebenarnya pernah dirasakan Winnie ketika ELLE Canada pada 2016 mewawancarai kondisi kulit yang dialaminya itu. Namun ketegaran hati dan kerja keras Winnie berhasil mengantarkannya sejajar dengan model cantik lain dalam dunia fashion.

Hingga dalam beberapa tahun terakhir,  Winnie menjadi model yang paling menonjol berkat vitiligonya. Dia juga didaulat menjadi juru bicara publik terkait vitiligo.

Semoga semangat Winnie menular pula pada pengidap vitiligo yang lain ya, Millenns! (MG26/E06)