Hal yang Mungkin Terjadi Jika Motor Kena Aturan Ganjil Genap

Hal yang Mungkin Terjadi Jika Motor Kena Aturan Ganjil Genap
Petugas Polisi lalu lintas menilang pengendara sepeda motor yang melanggar aturan. (Medcom.id)

Sempat beredar kabar sepeda motor juga akan terkena aturan Ganjil Genap. Untungnya, kabar tersebut hoak alias nggak benar. Kalau aturan tersebut benar-benar diterapkan, akan banyak dampak yang terjadi. Apa saja?

Inibaru.id - Beberapa waktu lalu para pengguna sepeda motor harus ketar-ketir perihal akan diterapkannya aturan ganjil-genap sepeda motor di wilayah Jakarta. Sekarang semua bisa tersenyum lega karena berita itu cuma hoak. Tapi apa ya kira-kira yang terjadi jika aturan itu dilakukan?

Polisi Kewalahan

Kalau peraturan ini diterapkan, dampak sulit akan menyambangi petugas polisi lalu-lintas. Pasalnya, dalam mengawasi mobil saja, mungkin polisi bisa luput. Sebab dengan banyaknya jumlah pengguna jalan raya, polisi juga nggak bisa selalu awas terhadap semua orang.

Nah, jika peraturan ganjil-genap diterapkan pada motor, ada kemungkinan kalau polisi akan kewalahan karena banyaknya jumlah motor dan plat nomor yang lebih kecil, akan membuat polisi kesulitan untuk mengamati.

Jalan Semakin Kacau

Pemandangan pengendara motor yang putar balik karena melanggar peraturan atau ketakutan saat ada razia sudah merupakan hal yang sering terjadi. Apalagi kalau diterapkannya peraturan ganjil-genap pada sepeda motor.

Pelanggaran Menjamur

Selain jalanan jadi kacau karena akan banyak pelanggar pengguna sepeda motor yang putar balik, ada juga jenis pelanggran lain yang akan dilakukan oleh pengendara sepeda motor. Yakni, sewaktu-waktu mereka bisa saja memanipulasi plat nomornya. Hari ini genap, besok ganjil.

Dapat disimpulkan kalau diberlakukan peraturan ganjil-genap pada sepeda motor, pelanggaran akan semakin banyak.

Semoga bisa cari solusi lain ya, Millens biar lalu lintas nggak semrawut. (IB28/E05)