Kini Pengguna WhatsApp Bisa Menolak Masuk Grup, Begini Caranya

WhatsApp memperbarui fiturnya sehingga membuat kita bisa menolak untuk dimasukkan ke grup. Seperti apa sih cara menggunakan fitur baru ini?

Kini Pengguna WhatsApp Bisa Menolak Masuk Grup, Begini Caranya
WhatsApp. (AndroidPIT)

Inibaru.id – Sejak April 2019, WhatsApp menyediakan fitur privasi yang bisa membuat penggunanya memblokir kontak. Kontak yang terblokir ini nggak akan bisa memasukkan ke dalam grup secara tiba-tiba. Hanya saja, penggunanya nggak bisa memilih siapa yang bisa mengundang ke grup percakapan.

Kompas, Kamis (7/11/2019) menulis, fitur ini telah diperbarui sehingga penggunanya bisa memilih kontak mana saja yang bisa mengundang ke dalam grup. Bahkan, WhatsApp juga akan meminta persetujuan penggunanya sebelum masuk ke dalam grup. Fitur ini sudah ada pada WhatsApp versi Android 2.19.308. Lantas, bagaimana cara untuk memakai fitur ini?

Ada baiknya perbarui aplikasi WhatsApp-mu terlebih dahulu. Setelah itu, masuk lah ke bagian "Pengaturan" atau "Settings". Pilih lah menu "Akun" lalu pilih "Privasi",  kemudian pilih menu "Grup".

Di menu "Grup", kamu bakal melihat tiga opsi tentang kontak mana saja yang bisa mengundangmu ke dalam grup. Pilihan ini berupa "Semua orang", "Kontak saya" dan "Kontak saya kecuali...".

Di opsi "Kontak saya kecuali..", kamu bisa memilih siapa saja yang bisa kamu larang untuk mengundangmu ke dalam grup secara tiba-tiba. Setelahnya, kamu tinggal menekan tombol centang di bagian kanan bawah untuk menyimpan pengaturan ini.

Jika kontak yang diblokir ini ingin mengundangmu ke dalam grup, mau tidak mau harus mengirim tautan undangan ke pesan pribadi. Kamu pun bisa memilih untuk setuju memasuki grup yang ditawarkan atau tidak.

Jadi nggak perlu bingung lagi deh ketika diundang ke grup yang tidak kamu inginkan! (IB09/E06)