Kim Jong Un Samakan Waktu Negaranya dengan Korsel

Hubungan Korea Utara dan Korea Selatan kian mesra saja. Sebagai buktinya, yang terbaru, Korea Utara menyamakan zona waktu negaranya dengan Korea Selatan yang sebelumnya selisih 30 menit.

Kim Jong Un Samakan Waktu Negaranya dengan Korsel
Perbedaan waktu Korea Selatan (kiri) dan Korea Utara (kanan). (Twitter.com/Blue House)

Inibaru.id – Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menyamakan zona waktu negaranya dengan Korea Selatan mulai Sabtu (5/5/2018) waktu setempat. Penyatuan zona waktu kedua negara tersebut dilakukan sebagai upaya rekonsiliasi persatuan dua Korea yang sebelumnya berseteru tersebut.

Menurut kantor berita Korea Utara, Korean Central News Agency (KCNA), Kim Jong Un merasa terusik saat melihat jam yang menunjukkan perbedaan waktu antara Pyongyang (Korut) dan Seoul (Korsel) di dinding tempat pertemuannya dengan Presiden Korsel Moon Jae In pada Jumat (27/4) pekan lalu.

"Penyamaan waktu ini adalah langkah pertama yang praktis untuk mempercepat proses penyatuan Utara dan Selatan," tulis KCNA, Jumat (4/5).

Sebelumnya, pada pertemuan antar-Korea pada Jumat (27/4) lalu, Moon Jae-in dan Kim Jong Un mengatakan kedua negara akan menyamakan zona waktu yang saat ini berbeda 30 menit.

Laporan penyamaan waktu tersebut juga telah dikonfirmasi oleh pejabat dari Korsel. Pada laporan tersebut Kim Jong Un berjanji akan menghapus zona waktu Korut yang dibuat pada 2015 menandani peringatan 70 tahun pembebasan Korea dari pemerintah Jepang setelah Perang Dunia II.

“Ini bukan berarti Utara dan Selatan menjadi satu, tapi ini adalah proses kedua negara mengubah hal yang berbeda atau pun terpisah menjadi sama dan tunggal,” jelas Kim Jong Un.

Dalam pertemuan bersejarah itu pula, Kim Jong Un dan Moon Jae In mengatakan mereka akan bersama-sama mengambil langkah untuk mengakhiri Perang Korea (1950-1953) secara resmi yang sebelumnya hanya berakhir dengan kesepakatan gencatan senjata. (IB18/E03)