Ihwal Toilet Khusus Kim Jong Un yang Dibawa Pergi Ke Mana-Mana

Untuk kali pertama, Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mengunjungi Korea Selatan untuk menghadiri KTT Korea Utara–Korea Selatan. Lebih menarik lagi, Kim Jong Un datang dengan membawa toilet pribadi. Wah, seperti apa ya?

Ihwal Toilet Khusus Kim Jong Un yang Dibawa Pergi Ke Mana-Mana
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un bertemu dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae In. (Korea Broadcasting System via AP)

Inibaru.id – Kim Jong Un menjadi Pemimpin Korea Utara pertama yang mengunjungi Korea Selatan sejak meletusnya Perang Korea pada 1953. Dia menginjakkan kaki ke Korea Selatan untuk menghadiri KTT Korea Utara-Korea Selatan di The Peace House, yang berjarak sekitar 130 meter di barat daya Zona Demiliterisasi Korea.

Liputan6.com, Jumat (27/4/2018), menulis, nggak hanya mempertemukan Presiden Korea Selatan Moon Jae In dan Pemimpin Korut Kim Jong Un, KTT ini juga tercatat sebagai pembahasan intim kali ketiga antara dua negara sejak lebih dari satu dekade lalu yakni saat Kim Jong Il masih berkuasa di Korea Utara.

Baca juga:
Hina Islam dan Nabi Muhammad, Rendra Diamankan Polisi
Kebakaran Sumur Minyak di Kabupaten Aceh Timur Berhasil Dipadamkan

Pertemuan bersejarah kali ini berfokus pada janji Kim Jong Un yang dikabarkan bakal menunda uji coba rudal nuklir. Pada KTT tersebut pemimpin dua negara Korea juga membahas rencana Korea Utara untuk menutup tempat uji coba nuklir miliknya.

Kendati Kim Jong Un setuju untuk duduk satu meja dengan Presiden Moon pada KTT tersebut, pemimpin Korea Utara itu menolak menggunakan seluruh toilet umum di lokasi pertemuan. Hal ini disampaikan Lee Yun Keol, seorang pembelot Korut kepada The Washington Post.

"Pemimpin Korea Utara memiliki sebuah toilet pribadi yang selalu dibawa ke mana pun ia pergi," jelas Lee Yun Keol.

Lebih lanjut Yun Keol mengungkapkan, Kim khawatir terhadap kemungkinan serangan terselubung ketika berada di bilik toilet seorang diri. Itulah yang membuat suami Ri Sol Ju menciptakan toilet portabel khusus yang dipasang di beberapa kendaraannya.

Baca juga:
Yuk Mengenal Alam, Putra Ganjar Pranowo
Banjir Bandang Rusak Infrastruktur Publik di Bumiayu

"Nggak hanya kendaraan dinas, toilet umum itu juga dipasang di mobil kecil, hingga angkutan khusus untuk medan pegunungan. Namun, nggak ada yang tahu pasti di mana letak toilet itu karena ada banyak kendaraan dalam konvoi," jelas seorang sumber di Provinsi Pyongan Selatan yang akrab dengan Komando Pengawal Kim, kepada DailyNK pada 2015.

Wah, unik juga ya, Millens. Hehe (IB07/E04)