Kiat Aman dan Bersih Mencuci Helm Sendiri

Motor sudah keren, helm juga harus keren. Berikut ini apa saja yang harus diperhatikan biar helmmu bersih.

Kiat Aman dan Bersih Mencuci Helm Sendiri
Rawat helm secara rutin. (Inibaru.id/ Isma Swastiningrum)

Inibaru.id – Selain menimbulkan rasa nggak nyaman, memakai helm yang kotor juga berdampak pada kesehatan. Ketombe, rambut mudah rontok, bau, gatal, hingga jerawatan merupakan efek yang mungkin ditimbulkannya. Untuk itu, helm harus dibersihkan dengan rutin. Jeremy Rivan, owner Delivery Clean Helmet (DCH) Semarang memberikan kiat-kiat mencuci dan merawat helm untuk sobat Millens.

Pertama, berhati-hatilah dengan kaca iridium. Kaca ini berfungsi melindungi mata kamu biar nggak silau dengan sinar matahari. Biasanya berwarna pelangi atau silver kalau dilihat dari luar. Kaca iridium ini nggak boleh terkena bahan kimia ya, Millens. Cara merawatnya cukup dibasuh menggunakan air.

Bagian yang boleh sering-sering kamu cuci adalah busa. Jika kepepet bisa sedia parfum helm biar nggak apek. Sebelum pakai helm, sebaiknya kamu gunakan sarung kepala atau masker wajah. Dengan begitu, keringat nggak akan terserap langsung oleh busa helm. FYI, keringat yang terjebak di busa helm dalam jangka panjang akan membuat lem bisa lepas dan keluar.

“Awal kotor langsung bersihin, kalau lumayan lama bisa kuning. Mendingan kalau kotor masih sedikit jangan ditunda-tunda sih. Langsung dibersihkan, kalau ditunda makin parah. Frekuensi nyuci satu sampai dua kali bulan satu kali,” ujarnya. Jika ingin mengelap helm, gunakan lap mikrofiber yang berbahan halus.

Boleh juga kan tips-nya. Yuk terapkan biar helmmu wetlook kayak habis disiram air gitu, Millens. Ha-ha. (Isma Swastiningrum/E05)