Tapir yang Nyasar ke Pemukiman Warga

Seekor tapir memasuki pemukiman warga di Labuhanbatu Selatan, Sumatra Utara. Satwa langka itu ditangkap di kawasan Pekuburan Cina. Gimana selanjutnya?

Tapir yang Nyasar ke Pemukiman Warga
Dokter Hewan, Cahyo, memeriksa kesehatan Tapir (Tapirus Indicus) di Kebun Binatang gembiraloka Yogyakarta, Jumat (23/3). Untuk mencegah penularan penyakit, dilakukan pemeriksaan rutin untuk Tapir yang meliputi pemeriksaan mata, mulut dan kulit. (Anta

Inibaru.id – Seekor tapir ditemukan “tersesat” di kawasan Pekuburan Cina, pada Senin (18/12/2017). Penjaga makam, Franky Samosir, menangkap satwa langka itu di Lingkungan Kampung Kristen, Kecamatan Kotapinang, Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Sumatra Utara.

Baca juga:
Kisah Si Pemakan Listrik dari India
Mawar untuk Oppa Jong Hyun

Bersama ayah dan lima tetangganya, Franky menjerat tapir seberat 250-an kilogram tersebut memakai tali nilon. Cahaya yang minim sempat menyulitkan mereka. Tapir baru bisa dilumpuhkan setelah tiga jam lantaran tersudut.

Tapir kemudian dievakuasi ke lokasi Pembibitan Ternak dan Puskeswan Dinas Perkebunan dan Perternakan Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Di sana tapir malang itu mendapat perawatan serta makanan.

“Kami upayakan pemulihan kesehatan dan traumanya,” ungkap Erliana Sri Malinda, Kabid Dinas Peternakan dan Perkebunan Labuhanbatu Selatan, “Selanjutnya bakal ditangani Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA).”

Baca juga:
Ketika Melly Goeslaw Bertemu Anak-anak Palestina
Di Jepang Akan Ada Perusahaan Bayar Gaji Pakai Bitcoin, Kita mah Enggak

BKSDA Sumut Wilayah VI Kotapinang, Darmawan mengatakan, satwa berwarna endemik Sumatra itu nantinya akan dilepasliarkan di Aek Godang, Barumun. (PL/GIL)