Ketika Keluarga Jokowi Manortor di Ngunduh Mantu

Kelucuan tersaji ketika cucu Jokowi, Jan Ethes Srinarendra, yang masih balita berada di barisan terdepan dan ikut bergoyang-goyang mengikuti irama Gondang Sembilan.

Ketika Keluarga Jokowi Manortor di Ngunduh Mantu
Menantu Presiden Joko Widodo, Selvi Ananda, menari tortor bersama keluarga Siregar dalam acara adat "Mangaloalo Mora Di Balakka Sitolu Tolu" di kediaman iparnya, Bobby Afif Nasution, pada Jumat (24/11). (Antaranews.com)

Inibaru.id – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) turut menghadiri acara puncak pernikahan Kahiyang Ayu dengan Bobby Afif Nasution, Sabtu (25/11/2017). Bersama Ibu Negara Iriana, keduanya duduk bersama Keluarga Siregar yang mengangkat Kahiyang sebagai “mora” atau anak perempuannya.

Dilansir dari Antaranews.com, Sabtu (25/11), Jokowi mengenakan ulos kemudian manortor bersama dengan para laki-laki keluarga Siregar, keluarga dekatnya, hingga yang berasal dari Solo. Selama 10 menit mereka menarikan tortor bersama.

Para penari lain menggerakkan telapak tangan mereka menghadap ke bawah dengan  diiringi musik gondang sembilan sembari dilempari beras kuning. Beras kuning adalah simbol kemakmuran. Jokowi terlihat begitu luwes melakukan monortor.

“Belajar dari Youtube,” aku Jokowi.

Baca juga:
Pandapotan Nasution, Pemangku Adat untuk Pernikahan Kahiyang-Bobby
Upa-upa, Simbol Doa lewat Makanan Khas dalam Pesta Kahiyang-Bobby

Setelah Jokowi selesai, Iriana kemudian gantian melakukan manortor. Dia didampingi para perempuan dari keluarga Siregar serta keluarga dari Solo. Tak ketinggalan, istri Menko Perekonomian Devi Simatupang, istri Menteri Sekretariat Negara Siti Faridah, dan besan Iriana, Hanifah Siregar, juga turut serta dalam prosesi tersebut.

Tari tortor yang dilakukan Iriana dan Jokowi merupakan tari tortor mora. Prosesi menari ini menunjukkan bahwa keduanya kini sudah masuk dalam keluarga Siregar.

Sehari sebelumnya, anak sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka beserta istrinya, Selvi Ananda, juga melakoni tarian tortor dalam upacara adat Mangaloalo Mora Di Balakka Sitolu Toli. Gibran dan Selvi mengenakan ulos dan menari tortor sesuai dengan giliran mereka.

Pemandangan paling menarik sejatinya justru terlihat saat anak mereka, Jan Ethes Srinarendra, yang masih balita. Dia tampak berada di barisan terdepan, seolah turut menari bergoyang-goyang mengikuti irama gondang.

Dalam acara yang dilangsungkan di rumah Bobby, Perumahan Bukit Hijau Regensi, Taman Setia Budi, Asam Kumbang, Medan, Kahiyang dan Bobby hanya menyaksikan keluarga mereka menari tortor dari pelaminan yang dihiasi ornamen khas Mandailing.

Baca juga:
Kala Jokowi Berkurban “Anak Ayam” untuk Kahiyang
Ngunduh Mantu, Tujuh Kereta Kencana Plus Kusirnya Diboyong Jokowi ke Medan

Kahiyang Ayu, putri Presiden Joko Widodo yang menikah dengan Bobby Afif Nasution resmi menyandang marga Siregar setelah melakukan upacara mangelehen marga (penganugerahaan marga), pada Selasa (21/11) di Medan.

Dengan menerima marga Siregar, Kahiyang memiliki posisi, hak, dan tanggung jawab tersendiri dalam suku Mandailing sebagai mora bagi keluarga suaminya.

Sementara pada Minggu (26/11), ada kirab lengkap dengan kereta kencana yang akan dinaiki Kahiyang dan Bobby serta kedua keluarga. Beberapa becak bermotor juga mengikuti mereka dalam alunan musik tradisional Mandailing Gordang Sambilan. (GIL/SA)