Ketika Iklan dalam Baliho (Sengaja) Dibuat Terbalik

Strategi marketing bisa dipakai melalui banyak cara, salah satunya dengan memasang baliho secara terbalik. Nggak cuma menarik, iklan properti yang diketahui dipasang di Semarang itu juga menuai banyak komentar warganet. Seperti apa?

Ketika Iklan dalam Baliho (Sengaja) Dibuat Terbalik
Baliho terbalik di Semarang menjadi cara unik untuk strategi marketing. (Inibaru.id/Budi)

Inibaru.id – Sejumlah baliho yang dipasang terbalik di Semarang, Jawa Tengah menjadi obrolan hangat di jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram sejak Kamis (18/1/2018) pagi. Kehebohan itu pun viral menuai komentar warganet. Hm, kamu sudah tahu, Millens?

Salah satu akun Facebook bernama Mochamad Syaiful Huda sempat mengunggah foto baliho terbalik di Grup Facebook Pojok Programer.

Apa yang kalian pikirkan? Lokasi di Kota Semarang,” pancing pemuda asal Semarang tersebut disertai foto sebuah baliho yang terpasang terbalik.

Baliho terbalik. (Facebook.com/Mochamad Syaiful Huda)

Postingan yang diunggah sekitar pukul 10.00 WIB itupun segera dibanjiri pelbagai komentar. Ada yang menganggapnya unik sehingga membuat dia tertarik, seperti yang dituturkan akun Juliar Nasution.

Deket mana nih..? Masih gak?” tanya dia.

Saat dihubungi Inibaru.id via telepon,  Syaiful Huda mengaku melihat baliho itu di Perempatan Milo, dekat SMP 2 Semarang. Perempatan Milo adalah persimpangan antara Jl MT Haryono dengan Jl A Yani. Menurut Huda, sapaan akrabnya, besar kemungkinan baliho dipasang pada Rabu (17/1) malam.

Baca juga:
Kereta Pengangkut BBM Anjlok di Jalur Purwokerto-Kroya
Youtuber, Aturan Monetasi Kini Kian Ketat!

“Pas saya lewat kemarin (Rabu) nggak ada. Pagi ini baru saya lihat, kebetulan tadi mau ke Pedurungan,” terangnya.

Nggak cuma di Persimpangan Milo, baliho berisikan iklan perumahan itu juga terdapat di Jl Soetomo, tepat di seberang RSU Kariadi Semarang, seperti diunggah akun Instagram @triassab_ dalam bentuk video.

Gadis bernama Trias yang saat dihubungi bilang bersekolah di SMK N 4 Semarang itu nggak sengaja melihat gambar tersebut, terus dia capture dan unggah ke Instagram pribadinya.

“Sekilas nggak ada yang aneh, tapi pas dilihat lagi, lah kok kebalik?” ungkap Trias, lalu tertawa.

Dia mengaku tahu bahwa baliho itu adalah sebuah iklan.

“Iya, aku tahu itu strategi marketing, tapi kalau menarik, nggak masalah kan buat lucu-lucuan,” kata dia.

Selain tagar #balihoterbalik, Trias juga membuat tagar #skymansionexpatriate. Sky Mansion Expatriate merupakan perumahan cluster yang dikembangkan di Pudak Payung, Kecamatan Banyumanik, Semarang.

Baca juga:
Bill Gates Lunasi Utang Nigeria
Mobil "Bermuka Dua" Habiskan Biaya Puluhan Juta

Unik

Sekilas, baliho itu terlihat biasa saja. Namun, jika diperhatikan lebih saksama, ada yang unik dari baliho yang dipasang portrait tersebut. Nggak hanya pemasangannya yang kemungkinan sengaja dibuat terbalik, tulisan dalam baliho ini juga ternyata cukup menggelitik.

Dalam baliho tertulis, “Harga Terbaik Sebelum Terbalik.” Di bawahnya, ada nominal Rp 400 juta yang tidak dibuat terbalik dan Rp 700 juta yang dibikin terbalik.

Dari poster itu, pemasang iklan sepertinya pengin mengatakan bahwa Rp 400 juta itu merupakan harga promosi, sementara setelah tidak terbalik atau tidak promosi, harganya bakal menjadi Rp 700 juta. (PL/GIL)