Bukan Manusia, di Tiongkok Drone Jadi Kurir Antar Makanan

Drone nggak hanya berfungsi untuk mengambil gambar dari ketinggian. Kini, drone juga bisa jadi kurir pengantar makanan seperti yang ada di Tiongkok.

Bukan Manusia, di Tiongkok Drone Jadi Kurir Antar Makanan
Drone pengantar makanan milik Ele.me. (Forumindonesia.co)

Inibaru.id  - Sebuah perusahaan penyedia jasa antar makanan di Tiongkok Ele.me melakukan terobosan baru. Kali ini mereka mencoba untuk mengantar makanan menggunakan drone di Jinshan Industrial Park, Shanghai, Tiongkok. Pengoperasian drone tersebut sudah diizinkan pemerintah setempat.

Cnnindonesia, Kamis (31/5/2018), menulis pihak Ele.me mengklaim makanan yang dipesan akan tiba dalam 20 menit setelah pemesanan. Cara tersebut dinilai lebih cepat daripada pengantaran makanan melalui jalur darat yang membutuhkan waktu yang lama.

Eits, tapi makanan pesanan nggak diantar langsung ke lokasi pemesan. Drone hanya akan mengantar makanan di titik pengantaran. Drone juga hanya melayani pemesanan di area perkantoran yang bersifat terpusat.

Selain mempertimbangkan efisien waktu, pengantaran makanan menggunakan drone juga menurunkan biaya operasional makanan karena tenaga manusia hanya mengantar untuk 15 persen rute yang nggak ditangani drone. Nggak hanya itu, kurir juga bisa mendapat penghasilan hingga lima kali lebih besar karena hal ini.

Terobosan ini juga dinilai memberikan manfaat lebih bagi pemilik gerai usaha yang berada di Jinshan Industrial Park, Shanghai.

Saat ini, pengantaran makanan menggunakan drone yang disediakan Ele.me sudah mencakup 58 km2 wilayah Shanghai. Ele.me memiliki 17 rute baru yang disetujui untuk pengantaran makanan via drone. Dengan begitu konsumen bisa lebih terakomodasi dengan layanan ini.

Sebelum resmi menggunakannya, Ele.me telah melakukan uji coba drone miliknya di Shanghai pada September 2017 lalu. Drone model E7 yang diuji coba itu mampu terbang sejauh 20 kilometer dengan kecepatan maksimal 65 kilometer per jam.

Wah, seru nih, Millens. Kalau begitu kan makannya lebih cepat sampai ya. Hm, patut ditiru tuh. (IB18/E04)