Ketika BTS Pidato di Sidang Umum PBB dan Blackpink Jadi Duta SDGs

Ketika BTS Pidato di Sidang Umum PBB dan Blackpink Jadi Duta SDGs
BTS berpidato di Sidang Umum PBB pada Senin (20/9/2021). (Twitter.com/UN_News_Centre)

Dua idol K-Pop BTS dan Blackpink kembali menarik perhatian dunia karena aksinya di luar dunia hiburan. BTS pidato di Sidang Umum PBB dan menyuarakan tentang generasi muda. Sementara itu, Blackpink ditunjuk PBB jadi Duta SDGs.

Inibaru.id – Boyband K-Pop Bangtan Sonyeondan (BTS) hadir di Sidang Majelis Umum PBB di New York pada Senin (20/9/2021). Mereka nggak tampil jadi penghibur di sana, melainkan jadi utusan khusus diplomasi Korea Selatan untuk PBB. Di sana, mereka juga didampingi Presiden Korea selatan Moon Jae-in, lo.

Nggak Cuma hadir, mereka sampai ikut berpidato di sidang yang bertema Sustainable Development Goals (SDG) Moment of the Decade of Action ini. Dalam pidatonya, BTS membicarakan tentang lost generation yang dipicu oleh pandemi Covid-19. Nggak lupa, mereka juga membahas tentang pentingnya vaksinasi.

Pidato ini ditayangkan di kanal YouTube Resmi PBB, United Nations. Sebelumnya, Presiden Moon menyebut masa depan dunia ada di tangan anak-anak muda seperti para anggota BTS. Maka, generasi muda ini sudah harus dilibatkan pada isu-isu global.

Setelahnya, para personal BTS seperti RM mulai berbicara tentang generasi yang hilang, khususnya para remaja hingga yang berusia 20 tahun yang terdampak pandemi Covid-19. Mereka nggak bisa belajar dengan maksimal karena sekolah-sekolah tutup dan terbatasi kreativitasnya karena harus lebih banyak di rumah saja.

Meski begitu, Jin BTS justru menyebut generasi anak muda sekarang berani menghadapi perubahan dan layak disebut sebagai welcome generation. Sementara itu, J-Hope meminta generasi muda untuk melakukan vaksinasi agar kehidupan sehari-hari bisa kembali berjalan normal sebagaimana sebelum masa pandemi.

Blackpink jadi duta SDGs yang ditunjuk oleh PBB. (Twitter.com/BLACKPINKGLOBAL)
Blackpink jadi duta SDGs yang ditunjuk oleh PBB. (Twitter.com/BLACKPINKGLOBAL)

Blackpink Jadi Duta SDGs

Selain BTS, K-Pop idol Blackpink ditunjuk jadi duta Sustainable Development Goals (SDGs) oleh PBB. Mereka pun jadi selebritas Asia pertama yang ditunjuk jadi duta yang bertujuan untuk mendukung pembangunan berkelanjutan ini.

Hal ini diungkap langsung oleh agensi Blackpink, YG Entertainment. Nantinya, Jisoo, Rose, Lisa, dan Jennie bakal dibebani target oleh PBB, khususnya dalam hal menyuarakan tujuan pembangunan berkelanjutan pada 2030. Selain itu, mereka juga diminta untuk menyuarakan tantangan seperti kemiskinan, perubahan iklim, masalah lingkungan, hingga perdamaian dunia.

Ini bukan kali pertama Blackpink bekerja sama dengan PBB. Pada awal 2021 lalu, mereka diminta jadi Duta Konferensi Perubahan Iklim PBB.

Wah, keren ya, Millens. Baik itu BTS ataupun Blackpink, mereka nggak hanya fokus di dunia hiburan namun juga aktif di bidang lain yang bisa membantu banyak orang. Kamu mendukung mereka, kan? (Asumsi,Idn/IB09/E05)