Kerugian dan Manfaat Tidur Telanjang, Jangan Asal Ikut-Ikutan

Kerugian dan Manfaat Tidur Telanjang, Jangan Asal Ikut-Ikutan
Tren tidur telanjang ternyata ada manfaat dan kerugiannya tersendiri. (Flickr/ Jason Lander)

Belakangan ini tren tidur telanjang mulai diminati banyak orang karena kabarnya bisa bikin tubuh lebih sehat. Sebenarnya, adakah kerugian dari tren ini?

Inibaru.id – Ada banyak sekali tren kesehatan yang mendadak populer dan diikuti banyak orang. Nah, yang belakangan juga lumayan populer adalah tidur telanjang. Ada yang menyebut kebiasaan ini bisa memberikan banyak khasiat. Nah, daripada kamu asal ikut-ikutan, ketahui dulu deh kerugian dan manfaat tidur telanjang.

Sebenarnya sih, ya, mau kamu telanjang atau nggak, intinya sih tidur cukup bisa memberikan banyak manfaat kesehatan. Contohnya, sistem imun kamu bakal meningkat. Sistem pembuangan racun juga bekerja dengan baik.

Dampaknya, tubuh pun semakin bugar, sehat, dan nggak mudah jatuh sakit.

Tapi, mengingat pakaian bisa memberikan tekanan pada tubuh, banyak pakar kesehatan yang merekomendasikan tidur telanjang. Intinya sih, jika tekanan-tekanan pada tubuh hilang saat kita tidur, tubuh jauh lebih rileks dan akhirnya berimbas pada kualitas tidur yang lebih baik.

Sejumlah Manfaat Tidur Telanjang

Ada alasan lain mengapa tidur telanjang bisa membuat kualitas tidurmu meningkat, Millens. Nggak hanya soal tekanan pada tubuh, namun juga soal suhu panas. Kamu tahu sendiri kan kalau kita tinggal di negara dengan suhu yang cenderung hangat, bahkan saat malam hari.

Dengan melapas baju, kamu nggak akan mudah gerah, Millens. Kalau menurut penelitian yang dilakukan National Institutes of Health pada 2012, hal ini bakal membuat tidurmu jadi lebih nyenyak. Saat kamu bangun tidur, otak pun bakal jadi lebih segar.

Meski bermanfaat dari sisi kesehatan, tidur telanjang memiliki sisi negatifnya. (Flickr/

Jason Lander)
Meski bermanfaat dari sisi kesehatan, tidur telanjang memiliki sisi negatifnya. (Flickr/ Jason Lander)

Nah, manfaat lain dari kebiasaan tidur telanjang juga bisa dirasakan kamu pria, Millens. Tanpa pakaian ketat seperti celana dalam saat tidur, maka kesuburannya bakal lebih baik. Produksi sperma pun bakal meningkat.

Kerugian Tidur Telanjang

Sayangnya, di balik berbagai manfaat tidur telanjang, ada juga sejumlah kerugian yang bisa saja kamu dapatkan jika sering melakukannya. Berikut adalah kerugian-kerugian tersebut.

-          Bisa Bikin Masuk Angin

Semakin malam, apalagi menjelang dini hari, suhu udara bakal semakin menurun. Kalau kamu tetap telanjang dan nggak memakai selimut, bisa jadi kamu bakal masuk angin. Apalagi kalau kamu juga tidur dengan memakai kipas.

-          Rentan Gatal atau Digigit Nyamuk

Kalau sprei tempat kamu tidur jarang kamu bersihkan, bisa jadi tidur telanjang akan bikin kamu mudah gatal-gatal, Millens. Bahkan, kamu juga bakal jadi lebih rentan digigit nyamuk. Hm, kalau yang ini sih bisa dicegah dengan menjaga lingkungan agar nggak kotor atau memakai lotion anti nyamuk, ya?

-          Nggak Bisa Sigap Jika Ada Bencana

Kita tinggal di negara rentan bencana, Millens. Jadi, andaipun tidur, harus tetap waspada. Contohlah, jika ada gempa, harus segera sigap dan berlari ke luar rumah. Kalau tidur telanjang, kan kita harus ribet memakai pakaian dulu. Bisa-bisa kita kena celaka, deh.

Kalau kamu, lebih suka tidur telanjang atau memakai baju nih, Millens? (Det/IB09/E05)